Unwira Kupang

Universitas Katolik Widya Mandira Adakan Simulasi Keselamatan dari Kebakaran, Begini Suasananya

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang adakan Simulasi Keselamatan dari Kebakaran yang di adakan di lobby dan halaman gedung rektorat Unwir

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/ASTI DHEMA
SIMULASI - Para peserta mengikuti Simulasi Keselamatan dari Kebakaran dari Tim Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang di lobby dan halaman gedung rektorat Kampus Unwira Kupang pada Sabtu, (13/8/2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Asti Dhema

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Universitas Katolik Widya Mandira Unwira Kupang adakan Simulasi Keselamatan dari Kebakaran yang di adakan di lobby dan halaman gedung rektorat Unwira Kupang pada Sabtu, (13/8/2022).

Disampaikan Kepala BAU unwira, Br. Yohane Arman, SVD, MH, kegiatan simulasi keselamatan dari Kebakaran ini merupakan pertama kali diadakan di kampus Unwira Kupang.

Lanjutnya, kegiatan ini memang sengaja dibuat karena atas dasar utamanya adalah satu kerugian itu harus dicegah sedini mungkin baik itu kerugian materil  maupun imateril dan yang paling utama adalah keamanan dan kenyamanan kami untuk bekerja karena selalu berhadapan dengan arus listrik, tekanan tinggi bagi yang berada di Fakultas Teknik.

Oleh karena itu, atas nama Rektor dan peserta, dirinya menyampaikan limpah terima kasih atas kebersediaan dan responsif Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang. 

Arman berharap Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang tidak bosan untuk memberikan pelatihan dan simulasi karena proteksi masih banyak yang belum ada dan pihaknya mencoba turut membaharui dan meminta petunjuk dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang untuk diperhatikan ke depannya terutama terkait pada saat menerima tamu dan juga kenyamanan sehingga informasi yang disampaikan bisa mereka dapatkan.

"Semoga kami nanti terus diterima di dinas ketika kami berkonsultasi terutama berkaitan dengan pencegahan-pencegahan dari berbagai kecelakaan kemudian keselamatan kerja, misalnya penggunaan lift, evakuasi pada saat gempa dan lain-lain," harapnya.

Menurutnya, hal ini sangat dibutuhkan dengan jumlah mahasiswa lebih dari 7.000 yang pada waktu tertentu akan berkumpul pada satu tempat dan kampus harus menjaga dan melindungi mereka. Oleh karena itu, upaya-upaya latihan dan simulasi keselamatan dari kebakaran sangat bermanfaat di kemudian hari.

Sebelum Kegiatan simulasi keselamatan dari kebakaran, para peserta mengikuti sosialisasi agar mendapatkan teori terlebih dahulu sebelum mengikuti simulasi yang didampingi oleh Thomas Aquino Huwa S.T dan Polce R.Y Ndolu SE.,MM.

Atas nama kepala dinas pemadam kebakaran Kota Kupang, Frids Alexander Kodji, SE selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas SDM menyampaikan terima kasih karena sudah melaksanakan satu kegiatan yang penting sekali terkait dengan upaya pencegahan maupun penanggulangan kebakaran.

"Bagi yang sudah mendengar sosialisasi teori maupun tadi yang sudah melaksanakan praktik sangat bermanfaat.Tadi ada yang sudah mau coba tapi ada yang tidak mau coba. Nah ini dia rugi sendiri. Nanti ada kebakaran di tempatnya, dia susah sendiri,. Jadi harus mencoba supaya tahu" tegasnya.

Dirinya juga berharap ke depannya jika ada kegiatan serupa agar bisa memanfaatkan waktu yang ada.
Lanjutnya, kegiatan-kegiatan seperti ini diprogramkan secara baik karena untuk menjadi profesional tidak hanya bisa dilakukan satu kali dan harus ada perencanaan secara berkala. Pada prinsipnya, pihaknya akan terus membuka diri dan siap apabila ada kegiatan serupa ke depannya. (cr16)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS
 

SIMULASI - Para peserta mengikuti Simulasi Keselamatan dari Kebakaran dari Tim Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang di lobby dan halaman gedung rektorat Kampus Unwira Kupang pada Sabtu, (13/8/2022
SIMULASI - Para peserta mengikuti Simulasi Keselamatan dari Kebakaran dari Tim Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang di lobby dan halaman gedung rektorat Kampus Unwira Kupang pada Sabtu, (13/8/2022 (POS-KUPANG.COM/ASTI DHEMA)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved