Berita Kota Kupang

Remaja Masjid Baiturrahman Perumnas Kota Kupang Gelar Festival Pekan Muharram

Remaja masjid Agung Baiturrahman di Permunas Kota Kupang menggelar festival pekan Muharram 1444 hijriah/2022 M. Kegiatan itu di pelataran masjid Agun

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
QASIDAH - Penampilan peserta remaja masjid dalam festival pekan Muharram di Majid Agung Baiturrahman Permunas Kota Kupang. Kamis 11 Agustus 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Remaja Masjid Agung Baiturrahman di Perumnas Kota Kupang menggelar festival pekan Muharram 1444 hijriah/2022 M. Kegiatan itu dilangsungkan di pelataran Masjid Agung Baiturrahman pada 9-14 Agustus 2022. Kegiatan dibuka Asisten III Setda Kota Kupang Yanuar Dally.

Kegiatan digelar sekaligus menyongsong hari ulang tahun HUT ke-77 RI . Acara itu bertajuk, Spirit Tahun Baru Islam Dan Kemerdekaan RI Sebagai Momentum Pemersatu Bangsa.

Ketua panitia, Hasbullah Kasim, menjelaskan, kegiatan ini diinisiasi oleh yayasan masjid Agung Baiturrahman Permunas Kota Kupang dan melibatkan remaja masjid sebagai penyelenggara. Adapun kegiatan dimaksudkan dalam rangka tahun baru Islam 1444 hijriah.

"Sengaja kita geser ke tanggal 9-14 supaya lebih mendekat ke hari kemerdekaan RI ke 77 tahun," sebut dia, Kamis 11 Agustus 2022 malam.

Dia menerangkan, kegiatan ini dengan berbagai perlombaan dan pada puncak acara ditutup dengan tabligh Akbar. Perlombaan, kata Hasbullah, yakni fashion show dari anak dan remaja, pawai ta'aruf  Pildacil dan remaja serta perlombaan qasidah kategori majelis taklim.

Sementara itu, pada hari Minggu 14 Agustus 2022, Hasbullah, menyebut akan ada pelatihan perawatan jenasah dan dilanjutkan dengan konsultasi kesehatan gratis bekerjasama dengan dinas kesehatan Kota Kupang. Untuk malam tabligh Akbar, digelar pada malam harinya bersama KH. Muhammad Alifuddin Al Ayubi. 

Ia menjelaskan, kegiatan ini juga untuk menghidupkan kembali semangat kreasi anak muda di lingkungan masjid, yang menurut dia, sudah semakin pudar.

"Dulunya, pada zaman orang-orang tua kami itu, lomba seperti ini ramai untuk diselenggarakan. Cuman vakum pada beberapa dekade terakhir ini. Jadi orang tua kami ingin menghidupkan kembali kegiatan seperti ini dan melibatkan kami remaja masjid," katanya.

Dia berharap agar kegiatan semacam ini menjadi agenda tahunan, di masjid Agung Baiturrahman Permunas Kota Kupang maupun masjid lainnya di Kota Kupang.

Hasbullah, menegaskan, kegiatan ini sebenarnya untuk memperkuat silahturahmi antar semua remaja masjid di Kota Kupang. Apalagi remaja masjid, perlu memahami dengan lebih mendalam terkait dengan lomba-lomba seperti yang diselenggarakan ini.

Sementara itu, Ketua Yayasan Masjid Agung Baiturrahman Permunas Kota Kupang, Syamsul Bahri, mengatakan, kegiatan seperti ini sudah jarang terjadi. Ia berkisah, sewaktu masih menjadi ketua remaja masjid di Masjid Raya Kota Kupang, acara ini sering dilakukan.

Oleh karena itu, semangat ini perlu digaungkan kembali. Dia bermaksud, acara demikian sebagaimana semangat untuk memakmurkan masjid melalui pengembangan seni budaya.

"Sehingga remaja masjid kita minta untuk terlibat dan menyelenggarakan kegiatan ini sehingga hubungan antar remaja masjid, umat masjid bahkan antar umat beragama terjalin," sebutnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved