Unwira Kupang

Mahasiswa KKNT-PPM  Unwira Gelar Gebyar Aman Calistung di SDN Mukefeto-Nekamese

Gebyar Aman Calistung diselenggarakan di lokasi sekolah di Desa Usapi Sonbai dengan menggunakan ruangan kelas V

Editor: Ferry Ndoen
ISTIMEWA
LOMBA - Mahasiswa KKNT-PPM  Unwira Gelar Gebyar Aman Calistung di SDN Mukefeto-Nekamese 

POS-KUPANG.COM - Peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) UNWIRA menyelenggarakan Gebyar Aman Calistung  (Adikku Mantap Membaca, Menulis dan Menghitung) di Desa Usapi Sonbai Kecamatan Nekamese.

Kegiatan ini berisi berbagai perlombaan sebagai tanda pengabdian mahasiwa dalam bidang pendidikan khususnya di SD Mukefeto yang diadakan pada Sabtu, 6 agustus 2022 pukul 15:30 sampai selesai.

Kegiatan Gebyar Aman Calistung diselenggarakan di lokasi sekolah di Desa Usapi Sonbai dengan menggunakan ruangan kelas V  dan VI. Terdapat  empat jenis perlombaan yakni Lomba Membaca Puisi, Lomba Membaca Cerpen untuk kelas 3,4,5,6 dan Lomba Menulis memakai beberapa kategori kelas diantaranya kelas 1 dan 2  dengan soal yang berbeda dan Lomba Menggambar untuk kelas 1, 2 dan 6.

“Lomba Gebyar Aman Calistung ini dilaksanakan guna untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan dan pemahaman anak dan perlombaan ini bukan hanya sekedar ingin mencari siapa yang paling hebat tetapi perlombaan ini lebih mengarah kepada kreatifitas dan daya pikir anak sehingga tertanam daya juang dan daya saing”, ujar Novriliana Bareto selaku Ketua Panitia dalam sambutannya.

Ia juga berterimakasih kepada kepala sekolah dan guru-guru SD Mukefeto yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswi KKNT-PPM UNWIRA di Desa Usapi Sonbai untuk membagi pengalaman dan ilmu yang mereka miliki. 

Kegiatan ini mendapat atensi yang sangat tinggi dari para peserta lomba, para guru, dan orang tua yang hadir. Hal lain yang tidak kalah menarik ialah adanya hiburan berupa permainan lari karung dan lari kelereng. Hiburan tersebut sangat mengundang antusiasme warga dan seluruh peserta lomba Gebyar Aman Calistung

Perlombaan membaca puisi yang diikuti 7 perserta dimenangkan oleh Keisya sebagai juara satu 1 diikuti Indah sebagai juara 2 dan Intan sebagai juara 3. Perlombaan membaca cerpen (Cerita Pendek) diikuti 6 orang peserta, dengan Prili sebagai juara 1 diikuti Lanny Pentau juara 2 dan Orlando Pentau sebagai juara 3.

Perlombaan Menulis diikuti oleh 12 peserta yang merupakan gabungan antara kelas 1 dan 2, yang keluar sebagai juara untuk kategori kelas 2 yaitu Farid sebagai juara 1, diikuti Anggita sebagai juara 2 dan Alfrid sebagai juara 3, sedangkan untuk kategori kelas 1, Patrisya sebagai juara 1 diikuti Rilly sebagai juara 2 dan Jekson sebagai juara 3. Untuk perlombaan menggambar yang di ikuti 5 peserta , Detta sebagai juara 1, diikuti Laura sebagai juara 2 dan Bella sebagai juara 3.

Sebagai bentuk apresiasi untuk pemenang, mahasiswa KKNT-PPM memberikan hadiah kepada setiap pemenang dan sertifikat kepada semua peserta yang sudah berpartisipasi dalam program Gebyar Aman Calistung .

Keisya selaku juara 1 membaca puisi mewakili teman-teman yang lain sangat berterimaksih dan sangat senang karena kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN ini bisa menjadi motivasi bagi mereka dan bisa melatih mental mereka.

Acara lomba Aman Calistung diakhiri dengan foto bersama peserta lomba dan panitia. (*/paulasury)

LOMBA - Mahasiswa KKNT-PPM  Unwira Gelar Gebyar Aman Calistung di SDN Mukefeto-Nekamese
LOMBA - Mahasiswa KKNT-PPM  Unwira Gelar Gebyar Aman Calistung di SDN Mukefeto-Nekamese (ISTIMEWA)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved