Unwira Kupang

Mahasiswa Unwira Bersihkan Lokasi Wisata Air Terjun Oenesu

mahasiswa akan membuat tempat sampah sehingga lokasi tersebut tidak kotor dan menyebabkan lokasi tersebut menjadi rusak

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-DOK UNWIRA
BERSIHKAN - Pembersihan air terjun Oenesu oleh mahasiswa Unwira. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI - Pemerintah Kelurahan Oenesu, Kecamatan Kupang Barat bersama mahasiswa peserta KKNT-PPM Unwira Kupang, Universitas Widya Mandira Kupang melakukan pembersihan tempat wisata Air Terjun Oenesu pada Rabu 3 Agustus 2022.

Pelaksanaan pembersihan ini dimagsudkan untuk menjaga keasrian dan kebersihan serta menjaga sumber sumber mata air yang ada di sekitar lokasi tempat wisata tersebut.

Plt. Lurah Oenesu, Vemmy Biuf menjelaskan pelaksanaan pembersihan lokasi air terjun merupakan salah satu langkah untuk mendukung Program 5P sebagaimana visi misi pemerintah Kabupaten Kupang.

Baca juga: Laskar KKNT-PPM Unwira Kupang Laksanakan Program Aman Calistung di SDK Bolan Fahiluka

5P yang dimaksud antara lain Pertanian, Peternakan, Pariwisata, Perkebunan dan Perikanan yang saat ini di galakkan oleh bupati kupang Korinus Masneno dan Wakil Bupati Jerry Manafe.

Sebagai wujud dukungan kepada pemerintah,  maka kelurahan Oenesu  menggandeng

Bersama mahasiswa KKN Universitas Widya Mandiara (Unwira) Kupang  melakukan pembersihan lokasi tempat wisata air terjun yang juga merupakan salah satu ikon wisata Kabupaten Kupang sebagai wujud dukungan terhadap pemerintah.

Dia menjelaskan selain melakukan pembersihan di sekitar lokasi destinasi wisata, pemerintah kelurahan juga bersama mahasiswa akan membuat tempat sampah sehingga lokasi tersebut tidak kotor dan menyebabkan lokasi tersebut menjadi rusak.

Lebih parahnya lagi,  akibat tumpukan sampah yang tidak terpusat akan menyebabkan kebakaran hutan bila sampah sampah tersebut dibakar oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya air yang merupakan sumber kehidupan bisa rusak.

Baca juga: Unwira Kupang via KKNT-PPM kerjasama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perkuat Kapasitas BUMDes

"Kami akan upayakan supaya di Lokasi destinasi harus bersih dan disediakan tempat sampah sehingga lokasi ini menjadi bersih. Selain itu menghindarkan lokasi ini dari kebakaran karena dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sebab, selain tempat ini menjadi salah satu icon wisata Kabupaten Kupang, lokasi ini juga merupakan sumber air yang dapat menghidupi masyarakat setempat," terang Vemmy.

Salah satu petugas Kesehatan puskesmas Oenesu, Ari  mengatakan upaya pembersihan lokasi ini juga menjadi salah satu upaya untuk menghindarkan masyarakat dari sakit penyakit yang diakibatkan oleh kotornya lingkungan.

Sebab jika lokasi air terjun kotor maka akan menyabkan timbulkan berbagai wabah penyakit. Untuk itu lokasi destinasi perlu di jaga kebersihannya sehingga lingkungan alam sekitar tetap bersih dan asri.

"Lokasi ini adalah sumber air bagi masyarakat sekitar oleh karena itu  lingkungannya perlu di jaga kebersihannya sehingga tidak menyebakan kerusakan lingkungan, penyebab timbulnya berbagai macam wabah penyakit sebagai akibat dari pencemaran lingkungan," jelas Ari.(*)

Berita Kupang Lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved