Info Cuaca di NTT

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Terbitkan Peringatan Kebakaran Hutan dan Lahan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El Tari Kupang mengeluarkan peringatan kebakaran hutan dan lahan di

Penulis: Ryan Nong | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/Mongabay
Ilustrasi - Kebakaran lahan di Sumba 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPUBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El Tari Kupang mengeluarkan peringatan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Kepala Stasiun, Agus Sudiono Abadi dalam rilis yang diterima POS-KUPANG.COM menyebut wilayah Sumba Timur juga masuk kategori merah terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan pada Rabu. 

Wilayah kategori merah terbentang dari Kecamatan Haharu di bagian utara hingga Pahunga Lodu di bagian timur serta Kareta di bagian selatan. Sementara itu, wilayah bagian barat daya seperti Tabundung masuk kategori zona kuning

Kategori merah memiliki arti sangat mudah terbakar (very high) dengan tentang angka lebih dari 82 poin. Sementara, kategori kuning memiliki arti mudah terbakar. 

Agus Sudiono Abadi menyebut angka demikian berarti alang alang dan dedaunan yang biasanya menutupi lahan hutan dalam kondisi sangat kering dan sangat mudah terbakar. 

Baca juga: Info Cuaca NTT Hari Ini, BMKG: Waspada Kebakaran Lahan di Wilayah NTT

Selain wilayah Kabupaten Sumba Timur, tiga Kabupaten lainnya di Pulau Sumba juga masuk kategori yang sama. Demikian pula sebagian besar wilayah Pulau Flores dan Pulau Timor. 

Sementara itu, dalam laporan Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur, terdapat satu titik panas yang terdeteksi pada 1 Agustus 2022.

Berdasarkan data modis dari Satelit Terra dan Aqua tanggal 1 Agustus 2022, titik panas (hot spot) itu terdapat di Kecamatan Haharu dengan koordinat 119.9331 - 9.4982 pada pukul 13.11.57 Wita. 

Prakirawan Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda melaporkan kecepatan angin bertiup 20 km/jam dengan suhu 30' c dan kelembaban 67 persen serta jarak pandang 10 km. (Ian) 

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Ilustrasi - Kebakaran lahan di Sumba
Ilustrasi - Kebakaran lahan di Sumba (POS-KUPANG.COM/Mongabay)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved