Berita Kota Kupang

Parkir Sepanjang Taman Pantai Kelapa Lima Diatur Dishub Kota Kupang 

Karena mau mobil, motor semua harus disatukan tapi karena penumpukan tetap sudah disahkan untuk area sini

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ASTI DHEMA
PARKIR - Kendaraan terparkir di tepi jalan raya sepanjang taman Kelapa Lima Kota Kupang pada Kamis,28 Juli 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Asti Dhema

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Tidak lazim sebuah taman yang menjadi ikon tidak memiliki lahan parkir yang memadai seperti taman Pantai Kelapa Lima Kota Kupang yang terletak di Jalan Timor Raya, Kota Kupang.

Tampak kendaraan roda dua dan roda empat terparkir di sepanjang tepi taman yang biasanya ramai dikunjungi Masyarakat Kota Kupang ini.

"Ada lahan parkir di ujung.Cuma dari Dinas Perhubungan kan sudah ada pengesahan mulai dari sini (sepanjang tepi taman) juga diperbolehkan tapi  kalau ramai,di sana (lahan parkir) tidak bisa. Karena mau mobil, motor semua harus disatukan tapi karena penumpukan tetap sudah disahkan untuk area sini," jelas salah satu juru parkir yang bertugas, Ayub.

Baca juga: Pantai Kelapa Lima  Kota Kupang Sudah Jadi Spot Foto Menarik 

Parkiran ini juga dilengkapi karcis yang masih dalam tahap masa uji coba hingga 31 Juli 2022, setelahnya akan ada kelanjutannya dari pihak dinas perhubungan kota Kupang sendiri. 

"Ada karcis," ungkap Ayub.

Dari karcis yang didapatkan POS-KUPANG.COM, retribusi parkir di tepi jalan umum berdasarkan Perda Kota Kupang nomor 15 tahun 2011 untuk biaya retribusi sekali parkir dimulai dari Rp 1.000 sampai dengan Rp 4.000 dengan jenis kendaraan roda dua Rp 1.000, roda empat Rp 2.000,roda enam Rp 3.000 dan roda delapan Rp 4.000.

Taman ramai tergantung pada event.Biasanya paling ramai dikunjungi di akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu dan pada saat event saja.

"Sabtu Minggu juga tergantung. Macam kemarin itu,satu Minggu karena kendalanya di lampu saja.Lampu taman mati,jadi Sabtu Minggu juga sama.Tetapi kalau normalnya biasanya Sabtu Minggu saja.Kalau Senin sampai Jumat tidak begitu ramai,"jelas Ayub.

Baca juga: DPRD Kota Kupang Minta Warga Jaga Kebersihan Wisata Kuliner Kelapa Lima

Lanjut Ayub,jika terjadi penumpukan kendaraan yang terparkir maka akan diarahkan mencari tempat lain sepanjang taman.

"Di mulai dari batas plang dilarang parkir sampai batas taman,"terang Ayub.

Untuk parkiran mobil terdapat di ujung taman tetapi jika parkiran penuh maka diarahkan untuk mencari tempat kosong di sepanjang tepi taman.

Dari pantauan POS-KUPANG.COM pada Kamis, 28 Juli 2022, taman yang nantinya akan dijadikan tempat kuliner di kelapa Lima Kota Kupang ini akan diramaikan oleh pengunjung pada sore hari mulai sekitar pukul 17.30 WITA.

Para pedangan mulai menjajakan jualannya, dimulai dari gerobakan salome, jagung bakar,kacang hijau dan berbagai jenis minuman seperti Kopi dan minuman dingin lainnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved