Tips Sehat

Awas, Mandi Air Dingin Saat Cuaca Panas Picu Serangan Jantung, Kenali Gejala Penyakit Jantung

Sering Mandi Air Dingin? Awas, Kebiasaan Mandi Air Dingin saat cuaca panas picu Serangan Jantung, Kenali gejala penyakit jantung

Editor: Adiana Ahmad
KOMPAS.com
Ilustrasi serangan jantung pada wanita - Awas, Mandi Air Dingin saat cuaca panas bisa picu Serangan Jantung. jadi kenali gejala penyakit jantung 

Awas, Mandi Air Dingin Saat Cuaca Panas Picu Serangan Jantung, Kenali Gejala Penyakit Jantung

POS-KUPANG.COM - Mandi dengan Air Dingin memang menyegarkan. Namun jika Mandi Air Dingin di waktu yang tidak tepat bisa picu Serangan Jantung. Menurut para ahli kesehatan, Mandi Air Dingin saat cuaca panas bisa picu Serangan Jantung. Karena itu kenali gejala penyakit jantung untuk menghindari risiko kematian.

Seseorang yang terkena Serangan Jantung sering ditandai Nyeri Dada dan Sesak Napas

Serangan Jantung disebabkan oleh terhentinya aliran darah ke Jantung akibat pembekuan dan lain-lain.

Menurut para ahli, semburan air tiba-tiba bisa berbahaya bagi individu dengan penyakit jantung.

Baca juga: Ini Gejala yang Dirasakan jika Seseorang Terkena Serangan Jantung, Nyeri Dada hingga Keringat Dingin

Penyebab penyumbatan mendadak di arteri koroner adalah pembentukan bekuan darah. Ada laporan bahwa mandi air dingin mungkin memiliki efek negatif pada orang dengan penyakit jantung karena dapat memicu Serangan Jantung atau ketidakteraturan irama jantung.
 
Keterkejutan yang dialami tubuh ketika terpapar air dingin menyebabkan pembuluh darah di kulit berkontraksi, meningkatkan resistensi aliran darah di dalam tubuh. Akibatnya, detak jantung juga meningkat hingga membuat jantung lebih sulit untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
 
Kondisi itu membuat tekanan di dalam pembuluh darah kemungkinan akan naik. Air dingin dapat memicu Serangan Jantung, bahkan pada orang yang relatif muda dan sehat.
  
The American Heart Association mengutip penelitian yang menunjukkan bahwa Mandi Air Dingin selama cuaca panas dapat menyebabkan Serangan Jantung, bahkan pada individu muda, bugar, dan sehat. Temuan dijelaskan dalam sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Physiology.

Baca juga: Hati-hati, Tanda di Mata ini Bisa Jadi Gejala Awal Serangan Jantung, Jangan Diabaikan

Hasilnya memaparkan bahwa berendam di air dingin secara tiba-tiba berbahaya bagi tubuh. Para peneliti The American Heart Association menjelaskan, respons tubuh terhadap paparan dingin mendadak mempercepat jantung dan menyebabkan hiperventilasi.
 
"Ini bertentangan dengan respons menyelam, efeknya bertolak belakang karena bertindak untuk menghemat oksigen," kata para peneliti The American Heart Association.

Hasil dari proses itu dikenal sebagai konflik otonom, yang memicu ritme abnormal di jantung, dan kadang-kadang menyebabkan kematian mendadak. Profesor Mike Tipton, yang memimpin laboratorium lingkungan ekstrem di University of Portsmouth, menjelaskan bahwa berendam air dingin harus dilakukan dengan hati-hati.
 
"Orang juga harus menyadari bahwa air yang mereka rasa nyaman pada akhir tahun lalu lebih dingin, dan mereka kurang siap untuk itu pada awal musim panas. Prevalensi masalah jantung terkait berendam cenderung diremehkan karena gangguan listrik otak tidak terdeteksi pascakejadian," ucap Tipton. (*)

Berita terkait Serangan Jantung

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS: https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMOObjgswqIKhAw?hl=id&ceid=ID:id≷=ID

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved