Timor Leste

AS Sediakan 420 Juta Dollar untuk Infrastruktur Air dan Pelatihan Guru di Timor Leste

Proyek akan menyalurkan Air Bersih ke hampir 500.000 penduduk, sementara Center of Excellence akan bermanfaat bagi 1 juta anak sekolah selama 20 tahun

Editor: Agustinus Sape
macaonews.com
AIR - Warga Timor Leste menikmati fasilitas air yang mengalir hingga ke pemukiman mereka. AS akan menyediakan US$420 juta untuk infrastruktur air dan pelatihan guru di Timor Leste. Proyek akan menyalurkan air bersih ke hampir 500.000 penduduk 

POS-KUPANG.COM - Timor Leste dan Amerika Serikat telah menandatangani perjanjian kerja sama terbesar yang pernah ada, senilai US$420 juta, yang berfokus pada peningkatan infrastruktur di Dili selama lima tahun ke depan.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Menteri Kantor Kabinet Timor Leste, Fidelis Magalhães, dan Wakil Ketua Millennium Challenge Corporation Cameron Alford, pada sebuah upacara di Dili.

Timor-Leste Compact mencakup dua proyek, satu untuk meningkatkan kondisi air dan sanitasi, menyediakan air minum untuk 429.000 penduduk di Dili dan 64.000 di daerah sekitarnya.

Yang lainnya menyangkut penciptaan pusat keunggulan untuk pelatihan guru dan pejabat pendidikan – yang dikenal sebagai TALENT – yang ditujukan khususnya di sektor pendidikan menengah.

“Timor-Leste Compact akan memperkuat keamanan air dengan memastikan bahwa ada air yang aman dan bersih bagi penduduk di ibu kota dan daerah sekitarnya, sambil meningkatkan pendidikan di semua sekolah menengah di seluruh negeri,” Magalhães menekankan.

Baca juga: Ramos Horta Berdoa di Makam Abilio Soares di Kupang NTT

Perdana Menteri Timor Leste, Taur Matan Ruak, mengatakan bahwa Perjanjian Compact untuk Air, Sanitasi, Drainase dan Pendidikan memiliki nilai keseluruhan sebesar US$484 juta, dengan pemerintah Timor Leste menyumbang US$64 juta, yang merupakan “investasi terbesar” yang dibuat di negara oleh satu mitra pembangunan.

Persiapan untuk perjanjian dimulai pada tahun 2010 dan telah berlangsung selama 12 tahun terakhir.

Proyek TALENT akan bekerja sama dengan pemerintah Timor Leste untuk mendirikan Pusat Keunggulan yang bermanfaat bagi hampir satu juta anak sekolah Timor Leste selama 20 tahun ke depan.

220 Beasiswa Universitas

Sebelumnya, Kedutaan Besar Republik Indonesia ( KBRI) di Timor Leste menawarkan 220 beasiswa kepada Pelajar Timor Leste yang ingin melanjutkan studi mereka di universitas-universitas Indonesia tahun ini, menurut seorang pejabat KBRI.

“Tahun ini, kami telah menyiapkan setidaknya 220 tawaran beasiswa di berbagai universitas di seluruh Indonesia,” kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Timor Leste, Ikfan Haris, saat dihubungi Senin 18 Juli 2022.

Haris mencatat bahwa lebih dari 20 universitas di Indonesia telah menyatakan kesediaan mereka untuk menerima Pelajar Timor Leste ke universitas mereka, sementara beberapa lainnya telah memulai tes masuk.

Pejabat kedutaan mengatakan meskipun banyak tawaran beasiswa tersedia untuk pelajar Timor Leste, memastikan bahwa 220 tawaran beasiswa akan didistribusikan sepenuhnya tetap menjadi tantangan.

Pejabat tersebut membenarkan bahwa pihak kedutaan juga telah menyiapkan 14 tawaran beasiswa bagi pelajar yang tinggal di Distrik Oecusse, enklave Timor Leste di Indonesia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved