Berita TTS

Yayasan Plan International Indonesia Distribusikan Bantuan Kemanusiaan di Desa Belle TTS

Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia), pada Jumat 15 Juli 2022 mendistribusikan bantuan kemanusiaan untuk warga terdampak

Editor: Ferry Ndoen
Pos Kupang.com/ Adrianus Dini
Plan Indonesia Distribusikan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Terdampak Bencana Banjir dan Longsor di Desa Belle TTS 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Adrianus Dini

POS-KUPANG.COM, SOE - Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia), pada Jumat 15 Juli 2022 mendistribusikan bantuan kemanusiaan untuk warga terdampak bencana banjir dan longsor di Kabupaten Timor Tengah Selatan

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Kantor Desa Belle Kecamatan Kie Kabupaten TTS sebagai bentuk dukungan Plan Indonesia kepada Pemkab TTS dalam tanggap darurat penanggulangan bencana banjir dan longsor, yang melanda sejumlah wilayah di TTS.

Pada kesempatan itu Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun secara simbolis memberikan bantuan tersebut kepada masyarakat desa Belle didampingi Komandan Distrik Militer (Dandim) 1621 TTS, Sekretaris Daerah (Sekda) TTS, serta Tim Tanggap Darurat atau Emergency Response Team (ERT) Plan Indonesia.

Hal ini disampaikan Marina Meidiyanti Solokana, Deputi Program Area Manager kepada Pos Kupang, Jumat 22 Juli 2022.

"Bantuan yang disalurkan berupa 165 paket bantuan yang terdiri dari paket kebersihan, paket perlengkapan dapur, dan paket perlengkapan tenda/tidur, serta 66 paket manajemen kebersihan menstruasi (MKM)," jelasnya.

Baca juga: Yayasan Plan Internasional Indonesia Kampanyekan Menstruasi Bukan Hal yang Tabu 

"Jenis paket bantuan yang dibagikan ini disesuaikan dengan hasil kaji cepat kebutuhan mendesak yang dilakukan oleh ERT Plan Indonesia beberapa waktu lalu, seusai bencana banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah yang terdampak," tambahnya.

Mengutip siaran pers Plan, bupati Tahun menyampaikan terima kasih atas dukungan Plan Indonesia dalam penanganan tanggap darurat ini. 

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten TTS, saya menyampaikan terima kasih untuk Plan International Indonesia yang sudah membantu masyarakat, berupa paket kebersihan, paket perlengkapan tenda dan tidur, paket peralatan dapur dan paket manajemen kebersihan menstruasi bagi remaja perempuan,” ucapnya.

Ia juga mengapresiasi Plan Indonesia karena sudah memperhatikan remaja perempuan dengan memberikan paket MKM, serta berharap anak dan kaum muda perempuan bisa belajar terkait kebersihan menstruasi dan kesehatan reproduksi. Dengan begitu, ke depan mereka turut berkontribusi dalam pencegahan stunting di TTS. 

Hal senada disampaikan Dandim 1621 TTS, Letkol. Roni Hermawan, selaku Komandan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kabupaten TTS.

"Bersama Pak Bupati, kami menyalurkan beberapa bantuan yang disiapkan oleh Plan Indonesia. Mudah-mudahan, kegiatan hari ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat terdampak, sekali lagi terima kasih untuk Plan atas kontribusinya di Kabupaten TTS," tandasnya.

Sementara itu, Program Implementation Area Manager Plan Indonesia, yang diwakili Deputi Program Area Manager, Marina Meidiyanti Solokana mengatakan, Kiranya dengan bantuan yang diberikan turut membantu keluarga terdampak.

"Kami berharap, bantuan yang disalurkan ini bisa sedikit membantu keluarga-keluarga terdampak, terutama anak-anak dan kaum muda perempuan," ucapnya.

Marina menambahkan, bantuan kemanusiaan yang disalurkan ini semuanya berupa paket non-pangan, sesuai dengan hasil kaji cepat yang sudah dilakukan pasca bencana. 

Dikatakan Marina, selain paket non-pangan, Plan Indonesia juga mendistribusikan paket MKM untuk remaja perempuan yang terdampak, dengan harapan anak muda perempuan tidak kesulitan dalam mencari perlengkapan menstruasi di situasi bencana. 

"Untuk itu, atas nama Plan Indonesia saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, TNI/Polri dan semua pihak yang terlibat dalam penanganan tanggap darurat ini," pungkasnya. 

Seperti diketahui akibat badai Rossby di TTS beberapa waktu lalu sejumlah wilayah di Kabupaten TTS dilanda banjir dan longsor. Untuk alasan tersebut Plan Indonesia mendistribusikan bantuan kemanusiaan yang berlangsung sejak 15 Juli 2022 hingga 18 Juli 2022 bagi 55 keluarga terdampak yang tersebar di tujuh desa dampingan. (Cr12)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Plan Indonesia Distribusikan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Terdampak Bencana Banjir dan Longsor di Desa Belle TTS
Plan Indonesia Distribusikan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Terdampak Bencana Banjir dan Longsor di Desa Belle TTS (Pos Kupang.com/ Adrianus Dini)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved