Berita Sumba Barat Daya

Gubernur NTT Dihadapan Peserta Sidang Sinode GKS Ke-43 se-Pulau Sumba Sebut Energi Baru Terbarukan

Gubernur Propinsi Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan, saat ini Dirut PT PLN bersama jajarannya sedang melakukan studi pembanguna

Penulis: Petrus Piter | Editor: Ferry Ndoen
FOTO POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
SIDANG SINODE GKS - Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, S.H sedang memberikan sambutan pada saat menghadiri dan membuka acara sidang sinode GKS ke-43 se-Sumba di GKS Waimangura, Sumba Barat Daya, Rabu 20 Juli 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, TAMBOLAKA - Gubernur Propinsi Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat , S.H mengatakan, saat ini, Dirut PT PLN bersama jajarannya sedang melakukan studi terkait rencana pembangunan energi baru terbarukan di Pulau Sumba.

Hal itu karena wilayah Pulau Sumba secara keseluruhan memiliki energi matahari sangat baik. Dan semua bisa dibangun energi baru terbarukan baik di Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah hingga Sumba Timur.

Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat optimis studi tersebut segera selesai dan memperkirakan tahun depan, Presiden RI, Joko Widodo segera meletakan batu pertama pembangunan energi baru terbarukan di Pulau Sumba.

Dan agar orang Sumba tidak menjadi penonton sejati di tanah sendiri maka ia meminta  masyarakat Sumba khususnya dan NTT umumnya, jangan mensekolahkan anak hanya mau menjadi pendeta saja atau ke sekolah-sekolah insinyur yang tidak keruan tetapi mensekolahkan anak-anak ke sekolah ilmu pengetahuan baru  energi baru terbarukan agar kelak berkarya membangun daerah kelahiran sendiri di Pulau Sumba.

Mensekolahkan anak ke ilmu-ilmu baru tentang energi baru terbarukan sehingga kelak membangun daerah sendiri. Tanpa itu terasa sulit dan akan menjadi penonton ditanah kelahiran sendiri. Hal itu karena ilmu pengetahuan yang dimiliki tidak laku atau tidak cocok  berkarya di perusahaan energi baru terbarukan.

Baca juga: Hadiri Sidang Sinode GKS Ke-43, Gus Aan Anshori Tokoh JIAD Memilih Tinggal Bersama Jemaat GKS

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, S.H menyampaikan hal itu dalam sambutannya dihadapan ribuan pasang mata peserta dan undangan  yang menghadiri  acara pembukaan Sidang Sinode Gereja Kristen Sumba (GKS) ke-43 se-Pulau Sumba yang berlangsung di GKS Waimangura di Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT, Rabu 20 Juli 2022 siang.

Menurutnya, saat ini  di seluruh dunia sedang terjadi krisis pangan dan energi. Karena itu, ia mengajak gereja harus berperan aktif membangun pangan di NTT. Para pendeta dalam kotbahnya memfokuskan dorongan kepada jemaat membangun pangan di NTT.

Caranya adalah meminta jemaat terus mempersiapkan lahan, lalu menanam dan menanam beragam tanaman menopang ketersediaan pangan NTT.

Ia optimis bila kolaborasi antara gereja dan pemerintah berjalan baik maka pembangunan daerah ini berjalan baik dan lancar pula.*)
Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, S.H sedang memberikan sambutan pada saat menghadiri dan membuka acara Sidang Sinode GKS ke-43 se-Sumba di GKS Waimangura, Sumba Barat Daya, Rabu 20 Juli 2022 

SIDANG SINODE GKS - Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, S.H sedang memberikan sambutan pada saat menghadiri dan membuka acara sidang sinode GKS ke-43 se-Sumba di GKS Waimangura, Sumba Barat Daya, Rabu 20 Juli 2022
SIDANG SINODE GKS - Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, S.H sedang memberikan sambutan pada saat menghadiri dan membuka acara sidang sinode GKS ke-43 se-Sumba di GKS Waimangura, Sumba Barat Daya, Rabu 20 Juli 2022 (FOTO POS-KUPANG.COM/Petrus Piter)
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved