Berita Viral

Guru PNS Jarang Masuk Sekolah, Dua Siswa SDN di Sulawesi Barat Mengadu Langsung ke Presiden Jokowi

Entah apa yang merasuki 2 siswa SDN di Sulawesi Barat sehingga tetiba mereka memberanikan diri mengadukan guru-guru PNS langsung ke Presiden Jokowi.

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM
MENGADU KE PRESIDEN -- Dua anak SDN di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat mengadu ke Presiden Jokowi. Dua siswa tersebut mengadukan jarangnya guru PNS masuk sekolah padahal sudah sekolah tatap muka. 

POS-KUPANG.COM - Entah apa yang merasuki kedua siswa SDN ( Sekolah Dasar Negeri ) di Sulawesi Barat, sehingga tiba-tiba mereka memberanikan diri mengadukan guru-guru berstatus PNS ( Pegawai Negeri Sipil ) di sekolah itu, langsung ke Presiden Jokowi.

Saat ini, kedua siswa tersebut belajar di SDN 101 Saluang, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulbar ( Sulawesi Barat ).

Keduanya nekad mengadu ke Presiden Jokowi karena kebiasaan guru PNS SDN 010 Saluang, jarang masuk sekolah walau sekolah tatap muka.

Pengaduan dua siswa itu disampaikan ke Presiden Jokowi melalui tulisan tangan pada lembaran kertas yang berukuran cukup besar.

Tak butuh waktu lama. Hanya dalam sekejap, pengaduan siswa itu langsung viral di media sosial.

Baca juga: Presiden Jokowi Tunjuk Mahfud MD Jadi Menpan-RB Ad Interim

Dari dua poster yang dipegang kedua siswa tersebut, tertulis "Pak Presiden Jokowi, kami jarang sekolah karena bapak guru jarang datang ke sekolah,"

"Kami membutuhkan pendidikan yang layak. Kami membutuhkan guru yang selalu datang ke sekolah," demikian tulisan tersebut.

Dari penelusuran Kompas.com, foto ini pertama kali dibagikan di Facebook oleh si pemilik akun yang bernama Achmad Faisal Dinejad pada Senin 11 Juli 2022.

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Achmad yang merupakan warga setempat mengaku resah dengan keadaan siswa yang jarang menerima pelajaran karena guru di SDN 010 Saluang jarang masuk sekolah.

Padahal, kata Achmad, ada empat guru yang berstatus PNS, ditugaskan di sekolah tersebut.

Berangkat dari keresahan itulah sehingga Achmad mengunggah pengaduan siswa tersebut.

"Jadi saya sering ke atas (sekolah), ada siswa yang datang, guru-guru PNS itu jarang datang. Bahkan, pernah satu minggu saya ke atas, satu kali pun mereka tidak ada yang datang," ungkap Achmad kepada Kompas.com, Jumat 15 Juli 2022.

kolase pengaduan anak SDN dan Presiden Jokowi
KOLASE - Dua anak SDN di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat mengadukan guru PNS ke Presiden Jokowi. Disebutkan guru-guru PNS di sekolahnya jarang masuk sekolah padahal sudah ada keputusan pemerintah sekolah tatap muka.

Achmad menyebutkan bahwa fenomena siswa yang jarang mendapatkan pengajaran dari guru berstatus ASN itu, sudah berbulan-bulan lamanya.

Bahkan, lanjut Achmad, meski telah berkali-kali kepala sekolah diganti, tapi perilaku para guru PNS itu sama sekali tidak berubah.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved