Breaking News:

Berita Ende Hari Ini

Meriahkan HUT ke-54, BPJS Kesehatan Gelar Senam Massal

melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang juga merupakan bagian dari upaya promotif preventif perorangan peserta JKN

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-BPJS Kesehatan Ende
KEGIATAN - Kegiatan Prolanis di PKM Kota Ende. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, ENDE - Dalam rangka memperingati HUT ke-54 BPJS Kesehatan pada 15 Juli 2022 nanti, BPJS Kesehatan menggelar Pekan Senam Prolanis bagi Peserta JKN Serentak (Pekan Semangat) di 5.400 titik.

Senam Prolanis ini pun berhasil menyabet Rekor MURI sebagai pelaksanaan senam bagi peserta penyakit kronis dengan titik lokasi pelaksanaan terbanyak se-Indonesia.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ende, Joys Karman Nike Palupi, pada tahun 2021, biaya yang dihabiskan untuk penyakit katastropik mencapai Rp 17,915 triliun atau 24,11 % dari total biaya pelayanan kesehatan tingkat lanjutan yang dikeluarkan BPJS Kesehatan.

Baca juga: Begini Kondisi Dranaise di Jl. Anggrek Kota Ende

Oleh karena itu, pihaknya berupaya menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat melalui berbagai program promotif preventif.

Sementara bagi masyarakat yang berisiko menderita penyakit katastropik seperti diabetes melitus dan hipertensi, dapat mengelola risiko tersebut melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang juga merupakan bagian dari upaya promotif preventif perorangan peserta JKN.

“Berbagai penyakit katastropik tersebut sangat bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Melalui kegiatan senam ini, kami ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya menjalankan hidup sehat. Dampak jangka panjangnya diharapkan bisa menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Indonesia,” jelasnya saat ditemui di Puskesmas Kota Ende.

Khusus untuk diwilayah kerja Kabupaten Ende kegiatan Pekan Semangat ini dilakukan di 15 titik yang tersebar di Kabupaten Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat.

Baca juga: Jadwal Kapal Pelni KM Wilis Bulan Juli-Agustus di NTT, Ende-Kupang, Waingapu-Waikelo, Harga Tiket

Seluruh titik diikuti oleh 352 peserta prolanis yang aktif mengikuti kegiatan prolanis. Selain peserta, turut hadir pula kepala puskesmas dari masing-masing titik kegiatan sebagai penanggung jawab pengelola peserta prolanis.

“Harapan saya semoga prolanis ini bisa diadakan kembali, peserta yang datang juga semakin banyak sehingga kegiatan ini tetap berjalan dengan baik dan tentunya penyakit-penyakit kronis yang selama ini diderita oleh para lansia dapat terkendali dan dipantau dengan baik oleh petugas puskesmas," ujar dr. Yohanes kristianus Selaku Kepala Puskesmas Kota Ende. (*)

Berita Ende lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved