Berita NTT Hari Ini

Kamar Dagang dan Industri Indonesia Provinsi NTT Perlu Topang UMKM

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) NTT, diharapkan bisa menjadi penopang bagi produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). UMKM

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/HO-DOK.POS-KUPANG.COM
JONAS SALEAN - Ketua Komisi III DPRD NTT, Jonas Salean 

Kadin Provinsi NTT Perlu Topang UMKM 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) NTT, diharapkan bisa menjadi penopang bagi produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). UMKM bertahan ditengah pandemi covid-19. Apalagi sekarang sudah ada belanaja sistem online. Ini akan sangat membantu. 

Ketua Komisi III DPRD NTT, Jonas Salean, Senin 11 Juli 2022, mengatakan,  Kadin NTT yang bermitra dengan pemerintah di daerah agar bsis melihat produk lokal dengan potensi pasar menjanjikan agar didorong dan diberdayakan. 

Menurutnya, Kadin NTT punya tanggung jawab untuk hak ini. Dengan kepemimpinan Ketua Umum Kadin NTT Bobby Liyanto, Jonas mengaku itu sebuah terobosan bagus. Ia menilai, komposisi pengusaha muda mengisi kepengurusan, bisa memberi efek bagi keberlangsungan perekonomian, terlebih bagi pergerakan ekonomi UMKM. 

Baca juga: Gotong Royong Bangun Air Bersih Bagi Warga Eks Tim-Tim di Desa Noelbaki, Provinsi NTT

Gebrakan awalnyang dilakukan Kadin NTT seperti mengekspor produk lokal NTT, merupakan gerakan yang perlu didukung. Semangat itu harus terus dibangun dan digelorakan agar produk-produk dari NTT bisa tembus pasar internasional. Kadin NTT, punya tugas untuk menjembatani ini. 

Produk seperti kakao dan kelor yang sudah berhasil menembus penjualan dan pameran internasional, merupakan upaya yang sangat tepat. Kadin, kata dia, diisi oleh kalangan profesional yang bisa diharapkan untuk terus meningkatkannya. 

Mantan Wali Kota Kupang itu berharap agar pengurus Kadin NTT yang baru ini bisa belajar dari pengurus sebelumnya. Jikapun ada program dipengurus Sebelumnya yang bagus, maka bisa terus dijalankan. Sebaliknya, Kadin NTT saat ini harus berinovasi dengan bermacam program untuk kesejahteraan masyarakat NTT, terutama pelaku UMKM. 

"Kalau pengurus lama berhasil, yang baru harus lebih berhasil lagi. Ini kan itra Pemerintah untuk bagaiman memperlancar usaha-usaha," katanya. 

Jonas Salean juga meminta agar pengurus Kadin NTT turut serta menjaga aset-aset budaya seperti tenun dari keasliannya. Menurutnya, tenun NTT yang sudah diminta banyak orang, harus terus dijaga, termaksud pada pewarnaan. Kadin bisa membantu, membina para penenun agar menghasilkan kualitas kain yang bagus untuk diperjualbelikan. (Fan)

JONA SALEAN - Ketua Komisi III DPRD NTT, Jonas Salean
JONAS SALEAN - Ketua Komisi III DPRD NTT, Jonas Salean (POS-KUPANG.COM/HO-DOK.POS-KUPANG.COM)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved