Berita Malaka Hari Ini

Doktor Bernando Seran Ajak Masyarakat Berpolitik Secara Damai

Pemilu dan Pilkada agar hak asasi manusia (HAM) dapat terjamin. Selain itu, untuk menghindari friksi-friksi yang dapat mengganggu keamanan

Penulis: Paul Burin | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
SAPAAN ADAT – Doktor Bernando Seran saat menerima sapaan adat dari warga Boas, Jumat, 8 Juli 2022. 

POS-KUPANG.COM, BETUN – Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Malaka, Dr. Yohanes Bernando Seran, S.H, M.Hum, mengajak semua elemen masyarakat untuk berpolitik secara damai.

“Berpolitik yang damai dan tidak memaksakan kehendak kepada orang lain. Hargai perbedaan pilihan dan hindari politik uang dalam Pilkades serentak, Pemilu serta Pilkada serentak tahun 2024,” kata Bernando saat melakukan tatap muka dengan utusan warga Kecamatan Malaka Timur di Boas, Jumat, 8 Juli 2022.

Berbicara di hadapan sekitar seratus orang warga dari berbagai lapisan, Doktor Bernando mengharapkan agar proses politik tersebut dilakukan secara demokratis, jujur, adil, langsung, umum, bebas dan rahasia.

Baca juga: Termakan Usia Atap Plafon Kantor Camat Sasitamean di Malaka Runtuh

Mantan Kepala Badan Perbatasan Malaka, ini juga menghimbau semua entitas warga untuk selalu berpegang pada aturan atau ketentuan perundang-undangan Pemilu dan Pilkada agar hak asasi manusia (HAM) dapat terjamin.

Selain itu, untuk menghindari friksi-friksi yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kepada generasi muda sebagai pemilih pemula, Doktor Bernando mengajak untuk selalu membantu pemerintah dalam menciptakan kondisi yang aman, tertib dan stabil agar pesta demokrasi dapat berjalan dengan kondusif.

Sebelumnya, doktor jebolan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, ini telah mengunjungi lima kecamatan lain, yaitu Malaka Barat, Wewiku, Weliman, Sasitamean dan Malaka Timur. Masih tersisa tujuh kecamatan akan dikunjunginya sampai bulan September 2022.

Kunjungan lelaki kelahiran Desa Maktihan, Malaka Barat, ini semata untuk melakukan sosialisasi berkaitan dengan pesta demokrasi yang akan dilakukan secara serempak tahun 2024 mendatang.

Baca juga: Bupati Malaka Minta Seleksi Calon Sekda Harus Berjalan Terbuka dan Fair

Saat di Boas, Doktor Bernando dan tim diterima dengan pengalungan selendang, sapaan adat (hase hawaka) dan tarian likurai dari warga di kecamatan itu.

Pastor Paroki Seon, Romo Aloysius Kosat, Pr, sejumlah kepala desa, tokoh adat (loro dirma, nai kusa dan para fukun), tokoh pemuda, tokoh wanita dan masyarakat setempat. Hadir pula Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam). (*)

Berita Malaka lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved