Unwira Kupang

Kementrian Keuangan RI Lakukan Survei Persepsi Calon Pelamar Kerja di Unwira Kupang

Kementrian Keuangan belum menjadi pilihan sehingga kami lakukan survei ini sebagai bahan pemutusan kebijakan kami kedepan

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/BERTO KALU
ISI SURVEI - Mahasiswa Unwira Kupang sedang mengisi survei persepsi calon pelamar kerja. Survei persepsi ini dilakukan oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Rabu 6 Juli 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kementrian Keuangan Republik Indonesia melakukan survei persepsi calon pelamar kerja (Talent) terhadap tempat kerja ideal pada 23 Universitas yang berada di kawasan timur Indonesia.

Lembaga Universitas Katolik Widya Mandira atau Unwira Kupang, menjadi salah satu kampus di kawasan timur Indonesia yang dikunjungi.

Survei kali ini melibatkan 81 mahasiswa dari tiga fakultas yang ada di Unwira yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau FISIP, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, yang berlangsung di ruang Auditorium Gedung Rektorat, Rabu 6 Juli 2022.

Baca juga: Unwira Kupang Kembali Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Gelombang II

Diana Fitasari, Pelaksana Sumber Daya Manusia (SDM) Kementrian Keuangan RI menjelaskan, survei ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang Kementrian Keuangan RI yang berdasarkan hasil survei masih kurang diminati oleh calon pelamar dari kawasan Indonesia timur.

"Jadi kami datang kesini (Unwira) untuk mencari tahu apakah memang kurang informasi atau memang Kementrian Keuangan belum menjadi pilihan sehingga kami lakukan survei ini sebagai bahan pemutusan kebijakan kami kedepan," jelas Diana.

Selain melakukan survei, pihaknya juga mensosialisasikan tiga program magang dari Kementrian Keuangan kepada mahasiswa Unwira, yakni program magang reguler, program magang MoU dengan perguruan tinggi dan program magang yang bekerja sama dengan Kemendikbud.

"Untuk program magang reguler, mahasiswa bisa langsung mendaftar lewat website resmi Kementrian Keuangan RI dengan syarat membuat proposal, surat pengantar dari kampus, transkip nilai dan CV, magangnya bisa bersifat SKS dan non SKS, " kata Diana.

Baca juga: Unwira Kupang Ciptakan Aplikasi BUMDes Bantu Pasarkan Hasil Produk Masyarakat Desa

"Program magang ini sudah kami lakukan sejak beberapa tahun terakhir, untuk kawasan timur Indonesia baru ada dari Makasar, untuk daerah lain seperti Kupang belum ada, padahal di website kami selalu diumumkan, oleh sebab itu kami datang kesini untuk sekalian sosialisasi," tambahnya.

Sementara, Urbanus Ola Hurek, Wakil Dekan FISIP Unwira Kupang menyambut baik dengan adanya survei yang dilakukan Kementrian Keuangan RI.

Menurutnya, survei ini dapat membuka wawasan mahasiswa untuk mengetahui dunia kerja yang berkaitan dengan jurusan mereka sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

"Dengan instrumen dalam survei itu setidaknya mahasiswa sudah punya wawasan kemana pasar tenaga kerja yang bagus sehingga diharapkan mereka mulai mempersiapkan diri dari sekarang sebelum masuk ke dunia kerja, terutama di instansi-instansi strategis seperti Kementerian Keuangan, " harapnya.(*)

Berita Unwira lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved