Berita Nagekeo Hari Ini

Bupati Nagekeo Serahkan Bantuan Hewan Kurban kepada 12 Mushollah di Kecamatan Aesesa

disamping kami usaha dari umat yang ada tentunya ini menjadi tambahan buat kami. Sehingga kedepan perkara kurban tidak lupa

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
FOTO BERSAMA - Para imam masjid foto bersama dengan Bupati Don. Foto bersama setelah menerima bantuan hewan kurban di Aula Kantor Camat Aesesa, Rabu 6 Juli 2022.   

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, MBAY - Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do meyerahkan bantuan hewan kurban  berupa Uang bagi 12 mushola yang ada di wilayah Kecamatan Aesesa di Aula Kantor Camat Aesesa pada hari ini, Rabu, 6 Juli 2022.

Hadir mendampingi Bupati Nagekeo, Camat Aesesa Yakobus Laga Kota, SH dan Ketua Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Nagekeo Ustad Askari Syamsudin.

Acara penyerahan diawali dengan pembacaan berita acara serah terima bantuan hewan kurban berupa uang, dilanjutkan dengan penandatanganan  berita acara.

Baca juga: Toleransi di Masjid Al-Hidayah Nisa Nulan Adonara, Hewan Kurban untuk Umat Nasrani

Berdasarkan berita acara, masing-masing mushola mendapat bantuan berupa uang senilai Rp. 1,5 juta dari pemerintah daerah yang akan digunakan untuk membeli satu ekor kambing untuk dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah tanggal 10 Juli  2022 mendatang.

Bantuan hewan kurban tersebut diterima langsung oleh ke 12 imam mushola. 12 mushola yang menerima bantuan hewan kurban diantaranya Mushola  Al-Muhajirin Porepoje, Mushola AMD Ladha, Mushola Asyifa Hobo, Mushola Makipaket, Mushola Al-Taqwa Kolikapa

Mushola Al-Hasan Ameaba, Mushola Darul Ukhwa Iqbam, Mushola Nurul Hidayah Mbaydam, Mushola Nurul Hidayah Tonggurambang, Mushola Pelabuhan Maropokot, Mushola Kolikapa Lama, dan Mushola Kolipaka Sawah.

Pengurus Masjid Mushola Darul Ukhwa Iqbam Boaras, Sulaiman Amir mewakili para imam masjid dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nagekeo yang telah memberikan bantuan hewan kurban untuk dikurbankan pada hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah.

Baca juga: Toleransi di Masjid Al-Hidayah Nisa Nulan Adonara, Hewan Kurban untuk Umat Nasrani

"Semoga ini memotivasi kami semua,  disamping kami usaha dari umat yang ada tentunya ini menjadi tambahan buat kami. Sehingga kedepan perkara kurban tidak lupa menjadi catatan penting kami untuk senantiasa mengambil bagian dalam urusan ini," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Nagekeo Johannes Don Bosco Do mengatakan bahwa, perhatian tersebut telah sesuai dengan apa yang dimaksud oleh nabi bahwa bagaimana sebagai sesama manusia harus dapat berbagi hewan kurban kepada mereka yang pantas mendapatkan perhatian itu.

"Hari ini kita bagi sumbangan hewan kurban bagi 12 musolah. Sebetulnya ini kejadian dari dua tahun lalu, tahun 2019-2020 rutin yang mendapat bantuan hewan qurban ini hanya masjid besar," ujarnya.

Dijelaskan bahwa, jumlah mushola dan masjid di wilayah Kabupaten Nagekeo sebanyak 49 unit. Bantuan hewan pada tahun 2022 ini hanya diperuntukkan kepada 32 masjid/ mushola.

"Inj berarti yang lain tidak dapat. Kedepan kita berharap semua mushola bisa mendapatkan bantuan. Tadi kalau 12 ekor dikalikan 1,5 juta sama dengan 18 juta. Kalau sapi kita hanya dapat satu ekor dan satu saja yang dapat.
Biar sedikit yang penting semua bisa dapat," jelasnya.

Baca juga: Kapolres Arianto Serahkan Sembilan Ekor Hewan Kurban 

Ia berharap, pengurus dan imam masjid di Kabupaten Nagekeo dapat menggerakkan hati umat yang memiliki kemampuan untuk dapat menggenapinya.

"Saya belum bisa janji karena memang kondisi keuangan fiskal daerah sangat terbatas saat ini, ditambah lagi dengan bencana alam dimana-mana, ada pengeluaran yang diluar rencana harus merevisi pengeluaran kita di perubahan anggaran yang akan datang. Semua ini butuh perhatian dan pengertian kita semua," ungkapnya.

Bupati Don berharap dengan berbagi hewan kurban ini, dapat dinikmati oleh mereka yang benar-benar pantas untuk mendapatkan perhatian di hari raya kurban tahun ini.

"Saya harap bisa tambah-tambah sedikit, dapat kambing untuk makan bersama paling kurang para janda dan kaum duafa memperoleh penuh daging  pada hari raya. Saya minta pengertian dari pengurus dan kita semua," ungkapnya.

Sesuai dengan informasi yang diperoleh dari Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Nagekeo, penyerahan hewan kurban akan terus dilakukan di 5 kecamatan lain di Kabupaten Nagekeo. (*)

Berita Nagekeo lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved