Berita Nasional

Pengganti Tjahjo Kumolo Belum Diumumkan, Mahfud MD Pastikan Nama Calon Menteri dari PDI Perjuangan

Sejak meninggalnya Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo Jumat 30 Juni 2022, hingga saat ini nama calon pengganti belum juga diumumkan. Mahfud MD bilang begini

Editor: Frans Krowin
Tribunnews.com
SOSOK PENGGANTI - Sampai saat ini jabatan MenPAN RB belum diisi oleh pejabat definitip. Jabatan itu masih diemban oleh Mahfud MD sebagai menteri ad interim. Meski demikian, Presiden Jokowi dikabarkan telah mengantongi nama calon menteri, sehingga saat ini tinggal menunggu waktu untuk dilantik. 

POS-KUPANG.COM - Sejak meninggalnya MenPAN RB ( Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ), Tjahjo Kumolo Jumat 30 Juni 2022, hingga kini jabatan tersebut masih dipercayakan pada Mahdfud MD.

Mahfud MD merupakan Menko Polhukam ( Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan ). Ia dipercayakan Presiden Jokowi untuk mengemban jabatan tersebut.

Meski jabatan MenPAN RB ad interim sudah diemban beberapa hari lamanya, tetapi sampai saat ini belum diketahui siapa yang akan menggantikan sosok yang telah meninggal dunia itu.

Terbetik kabar bahwa saat ini Presiden Jokowi telah mengantongi nama calon menteri yang dinilai cocok untuk jabatan strategis tersebut.

Hal ini diungkapkan Mahfud MD kepada wartawan di Jakarta, Senin 4 Juli 2022.

Baca juga: 4 Orang Dekat Megawati ini Digadang-gadang Gantikan Tjahjo Kumolo jadi MenPAN-RB,Ada Ahok dan Ganjar

Dikatakannya, saat ini nama sosok yang akan menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( MenPAN RB ) sudah dikantongi Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi, lanjut Mahfud MD, telah memilih sosok tersebut, setelah menyeleksi dari sejumlah figur yang dinilai pantas untuk mengemban jabatan tersebut.

Nama sosok tersebut, kata Mahfud MD, memang belum diumumkan. Akan tetapi tinggal menunggu momen yang tepat, seusai masa perkabungan nanti.

Sosok menteri tersebut, ungkap Mahfud MD, memang sudah tepat. Hanya saja Mahfud MD menolak mengungkapkan nama sosok tersebut.

Dengan demikian, publik di Tanah Air masih menunggu siapakah figur yang akan dipilih dan dilantik oleh orang nomor satu di Indonesia ini.

Dari partai politik manakah nama calon menteri yang telah dikantongi Presiden Jokowi itu, Mahfud MD menyebutkan bahwa kemungkinan besar dari PDIP.

"Hampir dipastikan kalau MenPAN RB tetap dari PDI Perjuangan," katanya.

Menolak menyebutkan nama calon menteri tersebut, pejabat ad interim MenPAN RB itu mengatakan, Presiden Jokowi memiliki hak prerogatif untuk menentukan nama calon tersebut.

Baca juga: Kaget Dengar Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Saleh Husin : Selamat Jalan Sahabat Yang Baik

almarhum Tjahjo Kumolo
Alm Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat 30 Juni 2022. Sejak itu sampai saat ini belum diketahui siapa yang akan menggantikan posisi tersebut. Beredar kabar bahwa jabatan itu akan diisi oleh sosok dari PDI Perjuangan.

Ia juga menyebutkan tak punya preferensi penilaian terhadap siapa pun untuk menjadi sosok pengganti Menteri Tjahjo Kumolo.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved