Berita Malaka Hari Ini

Anggota DPRD Malaka Fasilitasi Keberangkatan Penderita Kanker Esofagus ke Surabaya

Nenek Irmina Bete mengidap kanker esofagus atau kerongkongan ini dan berbagai upaya sudah dilakukan namun keterbatasan anggaran pengobatan

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/Istimewa
JENGUK - Anggota DPRD Malaka, Ans Taolin saat menjenguk nenek Irmina Bete dan keluarganya. Nenek Irmina menderita kanker esofagus atau kerongkongan 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Nofry Laka

POS-KUPANG.COM, BETUN - Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malaka, Fransiskus Xaverius Taolin memfasilitasi Nenek Irmina Bete (55) Penderita kanker esofagus atau kerongkongan untuk berobat ke Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya.

Pasalnya, sudah tiga tahun Nenek Irmina Bete mengidap kanker esofagus atau kerongkongan ini dan berbagai upaya sudah dilakukan namun keterbatasan anggaran untuk pengobatan lebih lanjut. 

"Pikir kami orang kampung kalau namanya operasi pasti memakan biaya yang cukup mahal, jadi kami hanya pasrah dengan kondisi keterbatasan anggaran ini," kata Donce Moruk anak kandung dari nenek Irmina Bete warga Desa Numponi, Kecamatan Malaka Timur ini.

Namun, Donce Moruk tidak putus asa berbagai upaya dilakukan untuk penyembuhan ibunya Irmina Bete.

Sampai akhirnya mendapat bantuan dari Anggota Komisi III DPRD Malaka Fransiskus Xaverius Taolin.

Baca juga: Anggota DPRD Malaka, Bernadeta Luruk: Perempuan Harus Rebut Kursi Parlemen

"Bapak Dewan Fransiskus Xaverius Taolin yang memperlancar semua urusan rujukan ke Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya, tanpa beliau tidak akan mungkin ibu saya akan mendapatkan rujukan," jelasnya. 

Secara terpisah Fransiskus Xaverius Taolin yang akrab dikenal Ans Taolin ini kepada Pos Kupang melalui layanan telepon watshAppnya di Betun, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Senin 4 Juli 2022 membenarkan hal tersebut.

"Ini hal biasa dan menjadi keharusan untuk melayani masyarakat yang tidak mampu, tidak ada hal yang luar biasa karena bagi saya ini bagian dari kewajiban sebagai wakil rakyat," tutur Anggota DPRD Malaka asal Partai Gerindra daerah pemilihan (Dapil) tiga ini.

Menurut Ans Taolin yang juga mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kupang ini mengaku bahwa untuk advokasi kemanusiaan bukan baru dilakukannya ketika duduk sebagai Anggota DPRD Malaka tapi sejak menjadi aktivis.

"Keselamatan rakyat menjadi kunci utama," tandas Ans Taolin yang juga kader Partai Gerindra Malaka ini. 

Baca juga: Ketua Fraksi Gerindra DPRD Malaka Soroti Tiga Masalah Penting di RDP

Dikatakannya, Nenek Irmina Bete diberangkatkan dari Bandara Udara El Tari Kupang pada Senin 4 Juli 2022 Pukul 15.00 Wita menggunakan Pesawat Lion Air.

"Kita berharap agar nenek Irmina Bete bisa sembuh dari kanker esofagus atau kerongkongan ini," harap Ans Taolin.(*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved