Berita Malaka

Polsek Malteng Juara Tarian Bidu Menyongsong HUT Bhayangkara ke-76 di Polres Malaka

Peserta penari bidu utusan Kepolisian Sektor (Polsek) Malaka Tengah (Malteng) dalam rangka peringatan hari ulang tahun

Penulis: Apolonia M Dhiu | Editor: Ferry Ndoen
Doc. Humas Polres Malaka
Peserta penari bidu dari perwakilan Polsek Malaka Tengah (Malteng), saat menampilkan tarian bidu di halaman depan Markas Komando (Mako) Polres Malaka, Desa Wehali. Gambar diambil pada Senin 20 Juni 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Nofry Laka

POS-KUPANG, BETUN - Peserta penari bidu utusan Kepolisian Sektor Polsek Malaka Tengah (Malteng) dalam rangka peringatan hari ulang tahun HUT Ke-76 Bhayangkara keluar sebagai juara satu.

Lomba kearifan lokal atau tarian bidu khas Kabupaten Malaka ini digelar oleh Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Malaka dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke-76.

Kapolres Malaka, AKBP Rudy Junus Jacob Ledo, SH., S.I.K kepada Pos Kupang di Betun, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Selasa 21 Juni 2022 membenarkan hal tersebut.

"Lomba kearifan lokal ini sebagai bentuk pelestarian terhadap budaya asli Kabupaten Malaka," ucapnya.

Dikatakannya, kita bersyukur karena dari dua belas kecamatan ada sembilan Polsek yang mengutus pesertanya untuk mengikuti lomba ini. Pihaknya memberi apresiasi untuk sembilan Polsek tersebut diantaranya ada; Polsek Sasitamean, Polsek laenmanen, Polsek Kobalima, Polsek Malaka Barat, Polsek Wewiku,

Polsek Weliman, Polsek Rinhat, Polsek Malaka Timur dan Polsek Malaka tengah.

"Dari sembilan peserta utusan dari masing-masing Polsek ini ternyata panitia memutuskan yang keluar sebagai juara adalah peserta dari Polsek Malaka Tengah, kita tentu memberi apresiasi dan proficiat atas pertunjukan yang bagus dari peserta," katanya.

Menurutnya, peserta yang juara satu akan mengikuti lomba di tingkat Polda NTT. Semoga peserta mempersiapkan diri dengan baik agar menampilkan tari bidu khas Kabupaten Malaka dengan baik pula.

Sesuai penilaian dari tim juri Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Malaka yang berjumlah tiga orang diantaranya, Dra. Vinelda Nahak, Leonardus Seran Berek, S.Pd, dan Floridus Agustinus Oematan, S.Fil, mengumumkan juara pertama dengan jumlah nilai seribu tiga ratus lima puluh sembilan yakni peserta dari Polsek Kecamatan Malaka Tengah.

Baca juga: Polres Malaka Tidak Main-Main Dengan Ilegal Loging

"Juara dua dengan jumlah nilai seribu tiga ratus lima puluh dari Polsek Kecamatan Malaka barat, dan juara tiga dengan jumlah nilai seribu tiga ratus empat puluh tujuh dari Kecamatan Wewiku," kata Dra. Vinelda Nahak.

Menurut Vinelda Nahak, peserta dari masing masing utusan Polsek, semuanya menyajikan penampilan dengan bagus namun diharuskan ada tiga peserta yang keluar sebagai juara.

Sekretaris Camat Malaka Tengah (Malteng) Melkianus Bria Tahuk, S.Pi, memberikan apresiasi kepada peserta penari dari Polsek Malaka Tengah.

"Peserta penari tarian bidu asal sekolah SMA Harekakae yang sudah meraih juara pertama secara tidak langsung mengharumkan Kecamatan Malaka Tengah, dan bisa lolos ke tingkat Polda NTT," ujarnya.

Kapolsek Malaka Tengah IPTU I Wayan Budiasa, SH mengatakan keberhasilan ini bukan hanya keberhasilan dari pihak Polsek saja namun dari semua pihak yang sudah memberikan dukungan dalam berlatih.

"Saya tidak menyangka hanya latihan selama tiga hari bisa tampil juara pertama itu semua berkat keseriusan kita semua," tutur Wayan.(*)

Peserta penari bidu dari perwakilan Polsek Malaka Tengah (Malteng), saat menampilkan tarian bidu di halaman depan Markas Komando (Mako) Polres Malaka, Desa Wehali. Gambar diambil pada Senin 20 Juni 2022
Peserta penari bidu dari perwakilan Polsek Malaka Tengah (Malteng), saat menampilkan tarian bidu di halaman depan Markas Komando (Mako) Polres Malaka, Desa Wehali. Gambar diambil pada Senin 20 Juni 2022 (Doc. Humas Polres Malaka)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved