Vatican

Paus Fransiskus Puji Biarawati Italia yang Terbunuh di Haiti sebagai Martir

Paus Fransiskus pada hari Minggu 26 Juni 2022 memuji sebagai martir seorang biarawati misionaris Italia yang terbunuh di Haiti

Editor: Agustinus Sape
VATICANNEWS.VA
Suster Misionaris Italia Luisa Dell'Orto, LSG. Dia terbunuh di Haiti. 

POS-KUPANG.COM - Paus Fransiskus pada hari Minggu 26 Juni 2022 memuji sebagai martir seorang biarawati misionaris Italia yang terbunuh di Haiti, di mana dia merawat anak-anak miskin.

Pihak Keuskupan Milan mengatakan Suster Luisa Dell´Orto, 64, dibunuh "selama agresi bersenjata, mungkin dengan tujuan perampokan," di Port-au-Prince, ibukota Haiti.

Media resmi Vatikan mengatakan Dell'Orto, terluka parah, dibawa ke Rumah Sakit, di mana dia meninggal segera setelah itu.

Fransiskus dalam sambutannya kepada publik di Lapangan Santo Petrus mengungkapkan kedekatannya dengan anggota keluarga suster dan mencatat bahwa dia telah tinggal di sana selama sekitar 20 tahun, mendedikasikan dirinya terutama untuk membantu anak-anak miskin yang tinggal di jalanan.

"Saya mempercayakan jiwanya kepada Tuhan, dan saya berdoa untuk orang-orang Haiti, terutama anak-anak kecil, sehingga mereka dapat memiliki masa depan yang lebih tenang, tanpa kesengsaraan dan tanpa kekerasan," kata Paus Fransiskus.

Dell'Orto "memberikan hidupnya kepada orang lain, sampai mati syahid," kata paus.

Biarawati itu, yang lahir di Lombardy, Italia utara, telah mengelola sebuah panti asuhan untuk anak-anak di pinggiran kota Port-au-Prince yang sangat miskin, kata keuskupan Milan.

Haiti, negara Karibia, adalah negara termiskin di Belahan Barat.

Malaikat anak jalanan

Dia tewas setelah serangan bersenjata, seorang biarawati berusia 65 tahun dari Lecco, Luisa Dell'Orto yang bekerja sebagai sukarelawan di Haiti, di ibu kota Port au Prince.

Kematian terjadi kemarin pagi tetapi berita itu baru diketahui hari ini oleh keuskupan agung Milan.

Biarawati itu, yang telah berada di Haiti selama 20 tahun, terluka, mungkin karena tujuan perampokan, saat dia melewati Delmas 19.

Segera dibawa ke rumah sakit Bernard Mevs, dia meninggal tak lama setelah tiba.

Dalam dua hari Suster Luisa, “seur Luisa”, begitu mereka memanggilnya di kota, dia akan berusia 65 tahun.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved