Berita Kota Kupang Hari Ini

Perkenalkan Prosedur Tilang, Kapolresta Kupang Kota Imbau Masyarakat Utamakan Keselamatan Berlalin

Perkenalkan Prosedur Sidang Tilang, Kapolresta Kupang Kota Imbau Masyarakat Utamakan Keselamatan Berlalu-Lintas

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/ CHRISTIN MALEHERE
Salah satu warga sementara mengikuti sidang di tempat saat terjaring operasi patuh di Bundaran Tirosa, Kota Kupang, Rabu 22 Juni 2022 

Perkenalkan Prosedur Sidang Tilang, Kapolresta Kupang Kota Imbau Masyarakat Utamakan Keselamatan Berlalu-Lintas

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Satuan Lalu-Lintas Polresta Kupang Kota bersama Kejaksaan Negeri Kota Kupang dan Pengadilan Negeri Kupang Kelas IA kembali menggelar sidang di tempat yang berlokasi di Bundaran Tirosa, Rabu 22 Juni 2022.

Kepada POS-KUPANG.COM, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto menjelaskan sidang di tempat sebagai bentuk akuntabilitas aparat penegak hukum kepada masyarakat dalam menunjukkan prosedur persidangan tilang yang benar.

Krisna mengutarakan Persidangan di tempat ketika seorang pelanggar lalu-lintas ditilang, kemudian disidang oleh hakim, setelah itu putusannya dieksekusi oleh jaksa penuntut umum berupa pembayaran denda yang langsung dibayarkan ke kas negara.

"Mekanisme prosedur tilang yang benar setelah ditilang oleh polisi, kemudian disidang oleh hakim lalu JPU eksekusi berupa denda tilang akan dibayar langsung ke kas negara sesuai keputusan pengadilan, artinya dan polisi tidak lagi menerima uang denda tilang, dan masyarakat harus mengubah stigma berpikirnya terhadap denda tilang," ujar Krisna.

Baca juga: Apresiasi Penumpang Anak Pakai Helm, Kapolresta Kupang Kota Berikan Hadiah

Pihaknya mengimbau masyarakat agar semakin disiplin dalam berlalu-lintas dan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan terutama menggunakan helm dan memiliki izin mengemudi serta melengkapi semua kelengkapan kendaraan.

Kasat Lantas Polresta Kupang Kota, AKP Andri Aryansyah merincikan persidangan di tempat berlokasi di Bundaran Tirosa tercatat sebanyak 46 pelanggaran lalu-lintas.

Dari 46 pelanggaran terbanyak dari pengendara roda dua berjumlah 25 pelanggaran, tidak memiliki SIM berjumlah 9 pelanggaran, tidak memiliki STNK berjumlah 7 pelanggaran, serta roda empat tercatat 5 pelanggaran.

Sedangkan Senin 20 Juni 2022 di Perempatan Jalur Hijau Patung Burung Merpati tercatat 45 pelanggaran dalam pelaksanaan sidang di tempat.

Baca juga: Gelar Festival Bhayangkara Polresta Fun Run 2022, Kapolresta Kupang Kota Siapkan Hadiah Sepeda Motor

Dari 45 pelanggaran tersebut antara lain pengendara roda dua berjumlah 33 pelanggaran, tidak memiliki SIM berjumlah 10 pelanggaran, tidak memiliki STNK tercatat satu pelanggaran, dan pengendara roda empat berjumlah satu pelanggaran.

Tujuan operasi tilang sekaligus sidang ditempat agar masyarakat pengendara dapat mematuhi aturan lalu-lintas sesuai ketentuan UU Nomor 22 Tahun 2009.

"Kami minta masyarakat semakin sadar akan pentingnya tertib berlalu-lintas di jalan raya dan menjadikan budaya keselamatan menjadi kebutuhan utama," ujarnya. (CR14)

tilang operasi Sejumlah pengendara roda dua memeriksa surat
Sejumlah pengendara roda dua memeriksa surat dan kelengkapan kendaraan saat kegiatan Operasi Patuh dan Sidang di Tempat yang berlokasi di Bundaran Tirosa, Kota Kupang, Rabu 22 Juni 2022.
Salah satu warga sementara mengikuti sidang di tempat saat terjaring operasi patuh di Bundaran Tirosa, Kota Kupang, Rabu 22 Juni 2022
Salah satu warga sementara mengikuti sidang di tempat saat terjaring operasi patuh di Bundaran Tirosa, Kota Kupang, Rabu 22 Juni 2022 (POS-KUPANG.COM/ CHRISTIN MALEHERE)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved