Berita Pendidikan Hari Ini

Pendaftaran Siswa Baru di SMK Kota Kupang Tanpa Zonasi 

Pendaftaran siswa-siswi baru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tanpa menggunakan jalur zonasi. Artinya, semua calon pelajar dari daerah

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/CHRISTIN MALEHERE
Kepala SMKN 4 Kota Kupang, Semi Ndolu 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Pendaftaran siswa-siswi baru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tanpa menggunakan jalur zonasi. Artinya, semua calon pelajar dari daerah manapun bisa mendaftar di SMK sesuai minatnya. Begitupun dengan SMKN 4 di Kota Kupang. Calon siswa diajak untuk bergabung dengan sekolah itu. 

Kepala SMKN 4 Kupang, Semi Ndolu , S.Pd, menjelaskan, saat ini telah ada petunjuk teknis (juknis) untuk pendaftaran. Ketentuan dari dinas juga sudah diperoleh pihaknya. Juknisnya, disebutkan pendaftaran bisa dilakukan secara online dan offline. 

"Khusus kami di SMKN 4 Kupang melakukan pendaftaran siswa baru secara online," sebut dia, Kamis 16 Juni 2022.

Masyarakat atau orang tua wali, bisa mengakses situs pendaftaran di website PPDB bernama Siap PPDB. Ini merupakan kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT dengan Telkom. Pembukaan pendaftaran dimulai pada 28 Juni 2022 pukul 08.00 Wita. 

Ketentuan mengenai peniadaan zonasi itu hanya berlaku untuk SMK. Sementara SMA, tetap menerapkan pola zonasi. Dengan pendaftaran online yang disiapkan oleh sekolah itu, menurut Semi, orang tua wali tidak perlu ke sekolah saat pendaftaran, kecuali saat pemberkasan. 

Adapun persyaratan yang perlu disiapkan adalah fotocopy ijasah atau surat keterangan lulus, fotocopy kartu keluarga, juga perlu menyiapkan kartu Indonesia pintar untuk kepentingan pendaftaran beasiswa kedepannya. 

Sejauh ini, SMKN 4 Kupang telah melakukan sosialisasi melalui berbagai tempat. Media masa dan media sosial yang dimiliki, menjadi sarana untuk menyampaikan informasi mengenai pendaftaran calon siswa baru. Selain itu, saat penerimaan buku lapor pendidikan beberapa hari lagi, juga akan disampaikan ke para orang tua wali. (Fan)

Foto bersama Ketua Lembaga Penerimaan Mahasiswa Baru (KLPMB) ITN Malang, Sudiro, ST, MT; Kepala Sekolah SMKN 4 Kupang, Semi Ndolu, bersama 3 orang siswa yang menerima doorprize pada sosialisasi di Aula SMKN 4 Kupang, Senin 7 Februari 2022.
Foto bersama Ketua Lembaga Penerimaan Mahasiswa Baru (KLPMB) ITN Malang, Sudiro, ST, MT; Kepala Sekolah SMKN 4 Kupang, Semi Ndolu, bersama 3 orang siswa yang menerima doorprize pada sosialisasi di Aula SMKN 4 Kupang, Senin 7 Februari 2022. (POS-KUPANG/BERTO KALU)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved