Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Jumat 10 Juni 2022, Merawat Pikiran: Merawat Kebaikan Diri

Dosa tidak sebatas kata dan perbuatan. Dosa juga sudah dan dapat terjadi semenjak dari cara kita berpikir tentang sesuatu atau seseorang.

Editor: Agustinus Sape
Dok Pribadi
RD Hironimus Nitsae 

Renungan Harian Katolik, Jumat 10 Juni 2022, Merawat Pikiran: Merawat Kebaikan Diri (Matius 5:27-32)

Oleh RD. Hironimus Nitsae

POS-KUPANG.COM - Pada perayaan Ekaristi, kita selalu mendaraskan doa 'Saya Mengaku'. Pada doa ini kita menyatakan penyesalan atas dosa yang kita buat, sekaligus kesadaran untuk mengubah tiap kesalahan yang dibuat.

Dalam doa ini pula paling kurang ada 3 wujud dosa yang kita ungkapkan sebagai sebuah pertobatan dalam Tuhan. Tiga wujud dosa itu ada pada 'pikiran', 'perkataan', dan 'perbuatan'.

Kata dan perbuatan kita dapat menjadi sebuah tolok ukur apakah ini dapat merupakan sebuah dosa dapat terlihat sejauhmana kita mengkategorikannnya tentu dengan pemahaman bahwa kita mengetahui seperti apakah dosa itu.

Sama halnya juga dengan 'dosa pikiran'. Pada teks ini Tuhan menegaskan bahwa dosa tidak semata ketika kita berkata atau berbuat yang kemudian kita mengkategorikannya sebagai dosa. Tetapi dosa juga berkaitan dengan sesuatu yang berasal dari pikiran.

Jika pikiran kita baik, maka yang terlahir adalah hal-hal baik. Jika tidak, maka yang muncul adalah hal-hal negatif.

Karena itu, sebagai penegasannya Tuhan meminta sebagaimana dalam teks injil hari ini, agar kita tidak sebatas mengatakan 'jangan berzinah' tetapi kita harus mampu melakukan sebuah antisipasi agar kita sungguh-sungguh menghayati pernyataan ini: 'setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya sudah berzinah dengan dia dalam hatinya.

Artinya dosa itu tidak sebatas terjadi dalam kata dan perbuatan. Dosa itu juga sudah dan dapat terjadi semenjak dari cara kita berpikir tentang sesuatu atau seseorang.

Semoga kita mampu juga merawat pikiran kita, agar kebaikan Tuhan menyata dalam seluruh diri kita.*

Teks Lengkap Bacaan Renungan Katolik 10 Juni 2022:

Ilustrasi bacaan renungan harian Katolik dari Alkitab.
Ilustrasi bacaan renungan harian Katolik dari Alkitab. (POS-KUPANG.COM/AGUSTINUS SAPE)

Bacaan I: 1Raj 19:9a.11-16

Elia berdiri di atas gunung, di hadapan Tuhan.

Bacaan dari Kitab Pertama Raja-Raja:

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved