Liga Lain

Presiden Emmanuel Macron Harapkan Zinedine Zidane Jadi Pelatih Klub Elite di Perancis

Presiden Emmanuel Macron Harapkan Zinedine Zidane Jadi Pelatih Klub Elite di Perancis

Editor: Kanis Jehola
Kompas.com/AFP-PIERRE-PHILIPPE MARCOU
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane dan salah satu pemainnya Toni Kroos berbicara dengan wasit Juan Martinez Munuera seusai laga kontra Sevilla di Stadion Alfredo Di Stefano, Senin (10/5/2021) dini hari WIB. 

POS-KUPANG.COM - Presiden Perancis, Emmanuel Macron, mengungkapkan harapannya agar Zinedine Zidane tak keluar dari negaranya. Dia ingin sang legenda melatih klub elite di Perancis.

Pernyataan orang nomor satu di Perancis ini sebagai bentuk dukungan terhadap Zinedine Zidane, yang dikaitkan dengan Paris Saint-Germain (PSG).

Mantan playmaker Juventus dan Real Madrid tersebut dikabarkan akan menjadi suksesor Mauricio Pochettino, yang berpotensi didepak dari Parc des Princes.

"Saya belum berbicara kepada Zidane, tetapi saya sangat mengaguminya sebagai pemain dan manajer. Kami sangat ingin memilikinya di kejuaraan kami," ujar Macron kepada RMC Sport.

"Kami menginginkan seorang olahragawan sejati dan pelatih berbakat dalam kejuaraan ini, seorang yang mampu memenangi tiga piala besar (Liga Champions) yang kami dambakan untuk klub kami."

"Saya berharap, untuk mempertahankan gelar juara kami di Perancis, dia kembali dan dia datang mengelola klub besar Perancis. Itu bagus!"

Macron mengakui, dia tak memiliki wewenang untuk membatasi gerakan Zidane. Tetapi sebagai seorang presiden, dirinya merasa punya tanggung jawab memajukan olahraga negaranya.

Baca juga: Dugaan Pengaturan Skor, Menang 59-1, 41 Gol Bunuh Diri, Klub Afrika Selatan Dihukum Seumur Hidup

"Peran saya adalah mengatakan bahwa Perancis adalah negara olahraga besar, negara sepak bola besar, yang memiliki publik pecinta olahraga hebat," ujarnya.

"Penting bagi kami bahwa yang terbaik yang telah kami latih, yang mungkin telah bersinar secara internasional, bisa kembali."

Zidane mengawali karier yang gemilang sebagai pelatih ketika membawa Real Madrid meraih tiga gelar Liga Champions secara beruntun pada 2015, 2016 dan 2017.

Kini, dia berstatus tanpa klub. Namanya dikaitkan dengan PSG karena posisi Pochettino tak aman setelah klub raksasa Liga Perancis ini hanya meraih gelar Ligue 1 2021-22.

PSG, yang diharapkan bisa menguasai Eropa setelah mendatangkan Lionel Messi pada musim panas 2021, tak berdaya di pentas Liga Champions.

Memiliki materi bertabur bintang seperti Kylian Mbappe dan Neymar, PSG disingkirkan Real Madrid pada babak 16 besar.

Baca juga: Tepati Janji Bersepeda 200 Km, Ini Status Ronaldo Mantan Bintang Real Madrid di Real Valladolid

Soal pelatih PSG, nama Christophe Galtier pun difavoritkan menjadi nakhoda baru klub ibu kota Perancis itu.

Galtier sudah mengatakan kepada ofisial Nice bahwa dirinya ingin melatih tim Paris tersebut. (Kompas.com/Aloysius Gonsaga AE)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Presiden Perancis Ingin Zidane Jadi Pelatih di Paris",

Berita Liga Lain Lainnya

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved