Unwira Kupang

Unwira Tingkatkan Minat Baca dan Budaya Menulis Mahasiswa Dalam Lomba Resensi Buku

orientasi atau penjelasan tentang kelebihan buku, synopsis atau isi buku, analisis dan evaluasi, serta menggunkan Bahasa Indonesia

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG/HO
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unwira, Drs. Rodriques Servatius, M.Si saat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba resensi buku antar mahasiswa Unwira. Jumat 3 Juni 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang terus berupaya meningkatkan minat baca serta budaya menulis kepada mahasiswa melalui berbagai cara.

Salah satu cara yang dilakukan adalah melalui lomba resensi buku antar mahasiswa yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Unwira pada Jumat 3 Juni 2022 lalu.

Ketua Panitia, Silvester Suhendra, S.Ptk menjelaskan, tujuan dari lomba ini untuk mengembangkan dan meningkatkan minat baca, mengembangkan dan meningkatkan budaya menulis mahasiswa, mempromosikan perpustakaan sebagai sumber belajar.

Baca juga: Turnamen Liga Pelajar Tahun 2022 Manggarai Timur Resmi Bergulir, Bupati Agas: Jaga Sportivitas

"Selain itu, ini juga dalam rangka memeriahkan peringatan hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni dan melaksanakan program kerja perpustakaan Unwira, " ujar Silvester Senin 6 Juni 2022.

Silvester menambahkan, lomba tersebut diikuti oleh 54 peserta dari 18 Program Studi. Buku yang diresensi berasal dari UPT Perpustakaan Unwira.

Ada 10 Judul buku yang disediakan panitia, para peserta bebas memilih setiap buku untuk dibaca dan kemudian menuliskan resensi dari buku tersebut.

Ketentuan penulisan dan kriteria penilaian resensi meliputi, teks resensi merupakan karya sendiri bukan terjemahan, saduran, atau plagiat, teks resensi belum pernah diterbitkan di media massa, baik cetak ataupun elektronik.

Baca juga: Kapolres Yudha Pranata Letak Batu Pertama Pembangunan Mako Polres Nagekeo

Panjang resensi 2-3 halaman A4 , tidak termasuk cover dan CV. Teks resensi diketik menggunakan Font Times New Roman 12 pt, spasi 1,5, Judul (Bold 14), Margin 4,3,4,3 kemudian dicetak.

"Struktur teks resensi meliputi identitas buku, orientasi atau penjelasan tentang kelebihan buku, synopsis atau isi buku, analisis dan evaluasi, serta menggunkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, " jelas dia.

Dikatakan, hasil resensi dari seluruh peserta telah dinilai dari para juri yaitu P. Dr. Eduardus Dosi, SVD,
RD. Giovanni Aditya Lewa Arum, S.Fil, dan RD. Oktovianus Kosat, S.Fil., M.Hum.

Dari hasil penilaian juri diperoleh tiga orang pemenang. Juara 1 diraih oleh Yeremias Arimatea Tnomel dari Prodi Ilmu Filsafat dengan nilai 88.7. Juara 2 Atilio Cesar Dos Santos Neri dari Prodi Ilmu Filsafat dengan nilai 87.7, sementara untuk juara 3 diraih oleh mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi atas nama Dunstan Maunu Obe dengan nilai 86.0.

Baca juga: Lampu Jalan Kota Labuan Bajo Belum di Lakukan Penyerahan Kepada Pemkab

Acara puncak dihadiri oleh peserta lomba, Wakil Dekan 2 FKIP dan Panitia. Lomba ini ditutup oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Drs. Rodriques Servatius, M.Si.

"Meskipun lomba ini merupakan kegiatan pertama tetapi cukup baik hasilnya. Semoga kegiatan ini bisa menjadi kegiatan rutin dan peserta lomba berikutnya bertambah mencapai 100 orang, " harap  Rodrigues Servatius.(*)

Berita Unwira Kupang Hari Ini

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved