Berita Manggarai Timur

Disdukcapil Matim Layani Dokumen Kependudukan Bagi 174 ODGJ dan Disabilitas di LAUT

Dalam memberikan pelayanan yang sama sebagai warga Negara Indonesia, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Kegiatan pelayanan perekaman E-KTP bagi ODGJ dan Disabilitas di LAUT. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Dalam memberikan pelayanan yang sama sebagai warga Negara Indonesia, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) memberikan pelayanan dokumen Kependudukan berupa perekaman E-KTP bagi orang dengan ganggunan jiwa (ODGJ) dan kaum disabilitas di wilayah Kecamatan Lamba Leda Utara (LAUT). 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur, Robertus Bonafantura, kepada TRIBUNFLORES.COM, Selasa 7 Juni 2022 menjelaskan, tujuan pelayanan dokumen Kependudukan bagi Disabilitas dan ODGJ di seluruh Kabupaten Manggarai Timur karena mereka juga memiliki hak yang sama sebagai bagian dari warga negara Indonesia dan penduduk Manggarai Timur yang wajib memiliki dokumen Kependudukan diantaranya E-KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA). 

Karena itu, Pemda dalam hal ini Dinas Dukcapil wajib memberikan pelayanan semua dokumen kependudukan bagi semua warga baik warga yang sehat atau pun ODGJ dan Disabilitas. 

Robertus juga mengatakan, pada pekan lalu pihaknya mendekatkan pelayanan dengan turun langsung ke lapangan untuk memberikan pelayanan E-KTP dan KIA kepada 174 orang Disabilitas dan ODGJ di Kecamatan LAUT. Dengan rincian 164 orang Disabilitas dan 10 orang ODGJ. 

Dikatakan Robertus, perekaman bagi ODGJ dan Disabilitas itu berkat kerja sama pihaknya dengan Pemerintah Kecamatan Lamba Leda Utara. Sebelum pihaknya turun memberikan pelayanan perekaman, pihaknya mendapatkan data baik ODGJ maupun Disabilitas yang diberikan dari Pemerintah Kecamatan bersama Pemdes di Kecamatan LAUT. 

Baca juga: Liga 2 Indonesia: Persilahkan Pihak Lain Kelola Persiraja Banda Aceh, Ada apa Laskar Rencong ?

Karena itu, Robertus juga menyampaikan terima kasih kepada Camat LAUT bersama para kepala Desa yang telah mendukung dan bekerja sama untuk memberikan pelayanan perekaman dokomen kependudukan bagi para ODGJ dan Disabilitas.

"Memang kita awalnya merasah kesulitan karena menghadapi warga seperti itu, tapi atas dukungan camat dan kepala desa yang hadir langsung bersama kami di lokasi akhirnya kami rasa nyaman dan bisa melayani semua dan pak Camat sendiri sebelumnya sudah melakukan pendekatan ulang-ulang. Jadi dari data 176 jiwa itu, kita bisa layani 174, sedangkan 2 ODGJ kita tidak bisa layani karena yang bersangkutan agresif,"jelas Robertus. 

Robertus juga mengatakan, terkait hasil perekaman fisik E-KTP maupun KIA tersebut akan diserahkan langsung oleh Bupati Matim pada saat tour pariwisata di Teluk Nanga Lok, Kecamatan Elar. 

Camat LAUT, Agus Supratman, menyampaikan terima kasih kepada Pemda dalam hal ini Dinas Dukcapil Manggarai Timur yang melakukan gebrakan dengan melayani perekaman E-KTP dan KIA bagi ODGJ dan Disabilitas yang merupakan warganya di Kecamatan LAUT. Karena baik ODGJ maupun Disabilitas memiliki hak yang sama untuk memiliki dokumen kependudukan. 

Agus juga mengatakan, di Kecamatan LAUT sesuai data sebanyak 176 orang baik ODGJ maupun Disabilitas. Namun ada 2 ODGJ yang tak bisa dilayani perekaman E-KTP karena yang bersangkutan agresif dan berbahaya. 

Baca juga: Piala Presiden Resmi Bergulir 11 Juni 2022 Digelar di 4 Kota, Penonton Boleh ke Stadion, Ini Syarat

"Tapi kami di Kecamatan bersama Dinas Dukcapil akan tetap berusaha agar kedua ODGJ ini juga bisa dilayani dokumen kependudukan,"ujarnya. 

Ke depan, kata Agus, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dukcapil Matim terkait dengan pelayanan ODGJ dalam bentuk pelayanan dokumen kependudukan lainya sehingga ke depan seluruh ODGJ maupun Disabilitas di Kecamatan LAUT bisa dilayani semua dokumen kependudukan. (rob) 

Kegiatan pelayanan perekaman E-KTP bagi ODGJ dan Disabilitas di LAUT.
Kegiatan pelayanan perekaman E-KTP bagi ODGJ dan Disabilitas di LAUT. (POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved