Berita Manggarai Timur

Wisata River Tubing Golo Loni, Manggarai Timur

Desa Wisata Golo Loni, di Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tengg

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/HO MASYARAKAT
Pengunjung sedang menikmati river tubing Wae Dingin.  

 Laporan ReporterPOS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Desa Wisata Golo Loni, di Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menawarkan berbagai atraksi wisata yang unik dan menyenangkan. 

River tubing, salah satunya terletak di Kawasan Sungai Wae Dingin, Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese. Jam operasional dibuka dari 08.00 WIB sampai 15.30 WITA pada setiap hari. 

Untuk river tubing memiliki kategori usia dimana usia 10 sampai 60 tahun. Fasilitas yang tersediah yakni peralatan river tubing, pemandu, foto dokumentasi sepanjang trek,  ruang ganti. 

Aktivitas river tubing dengan berenang, river tubing menelusuri sungai sepanjang 300 meter dengan durasi 15 menit (dapat diulang) tidak di batasi. Pengujung disarankan untuk menikmati river tubing dengan waktu terbaik pada pagi hari antara pukul 08.00- 11.00 Wita siang. 

Adapun tarif yang dikenakan untuk 1 pengunjung Rp90.000/orang, 2 pengunjung dikenakan Rp85.000/orang, 3 pengunjung Rp80.000/orang, 4 pengujung Rp75.000/orang dan diatas 5 pengunjung dikenakan tarif Rp70.000/orang. Tarif ini dikenakan sama baik wisatawan lokal maupun asing. 

Saat berwisata di Golo Loni, selain menikmati river tubing, pengunjung juga dapat menikmati spot foto terbaik Golo Depet. 

Selain itu pengunjung juga dapat melihat/meneliti langsung burung hantu khas Manggarai Timur di hutan Rana Mese dan juga melihat proses iris tuak (pante tuak) dari pohon enau oleh penduduk setempat secara tradisional. 

Bukan hanya ini saja, berwisata ke Agrowisata Desa Golo Loni, terasah sangat lengkap, pengunjung juga bisa memancing ikan nila dan karpel di kolam milik penduduk setempat. Kolam-kolam ikan ini terletak di tengah lahan persawahan padi yang indah dengan ditemani udara yang sejuk. 

Kepala Desa Golo Loni, Yohanes Berkhmans Okalung, kepada TRIBUNFLORES.COM, Senin 6 Juni 2022 mengatakan, saat berwisata di river tubing Desa Agrowisata Golo Loni, pengujung juga dapat menikmati makanan pangan lokal seperti umbi-umbian, kopi dan juga menu ikan air tawar.

Baca juga: Gubernur Ridwan Titipkan Eril pada Sungai Aare, Bahagia dan Selimuti Dalam Keindahan Kehangatanmu

"Harga menu ikan air tawar Rp40.000/porsi tergantung keinginan, bisa digoreng atau dibakar. Sedangkan kopi tambah ubi rebus  Rp10.000/porsi dan juga bisa menikmati kenikmatan sayur salad yang langsung Petik di lokasi," Ungkap Yohanes. 

"akan selalu kami sajikan untuk wisatawan yang datang berkunjung ke Lokasi Wisata River Tubing Desa Agrowisata Golo Loni,"tambahnya.

Dikatakan Yohanes cara ini dilakukanNya selaku kepala desa guna membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Saat ini sudah sebanyak 84 kolam ikan milik penduduk setempat dengan jenis ikan nila dan karpel dan siap dipasarkan untuk wisatawan di lokasi destinasi. 

Adapun harga sewa alat pancing Rp 20.000/ orang dan ikan hasil tangkapan pengunjung ditimbang dengan harga Rp70.000/Kg. Sedangkan masuk area kolam pancing gratis. 

Baca juga: Memperingatkan Tak Ada Bukti Dirinya Sakit Kanker, Putin Marah di Depan Umum

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved