Berita TTU Hari Ini

Ini Jumlah PMI Asal Kabupaten Timor Tengah Utara yang Meninggal Dunia di Malaysia

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Timor Tengah Utara, Simon Soge mengatakan, pada Tahun 2021 sebanyak 6

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Kepala Dinas Sosial Kabupaten TTU, Simon Soge. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dionisius Rebon

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU- Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Timor Tengah Utara, Simon Soge mengatakan, pada Tahun 2021 sebanyak 6 orang PMI (Pekerja Migran Indonesia) asal Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi NTT meninggal dunia di Negara Malaysia. Enam jenazah PMI ini akhirnya berhasil dipulangkan ke Kabupaten TTU.

Sementara pada tahun 2022 periode Bulan Januari hingga 4 Juni 2022 sebanyak 6 PMI Asal Kabupaten TTU meninggal dunia di Malaysia. Meskipun demikian, baru 5 jenazah yang berhasil dipulangkan ke wilayah mereka masing.

Satu jenazah lainnya, kata Simon, berdasarkan hasil visum dokter di Malaysia, terpapar Covid-19 sehingga tidak berhasil dipulangkan.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa, pada tahun 2022, lalu PMI Non-prosedural dari, Kecamatan Biboki Utara, Kabupaten TTU berasal dari .

Baca juga: Gubernur Ridwan Titipkan Eril pada Sungai Aare, Bahagia dan Selimuti Dalam Keindahan Kehangatanmu

Yang bersangkutan, lanjutnya, berhasil dipulangkan setelah insiden kapal tenggelam di Nunukan beberapa waktu lalu.

"Yang bersangkutan dicegah dan dipulangkan," ucapnya saat diwawancarai POS-KUPANG.COM, Senin, 06/06/2022.

Nakertrans TTU, kata Simon, telah melakukan sosialisasi dan pencerahan kepada keluarga korban dan masyarakat Kabupaten TTU untuk tidak menjadi pekerja Non-prosedural.

Pasalnya, apabila PMI Non-prosedural yang bekerja di Malaysia meninggal dunia, segala hak-hak selama bekerja di Negara Malaysia sulit diperoleh.

"Karena Non-prosedural. Apalagi hak-hak dia yang mengenai perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dan kesehatan itupun dia tidak mendapatkan," ungkapnya.

Baca juga: Memperingatkan Tak Ada Bukti Dirinya Sakit Kanker, Putin Marah di Depan Umum

Dikatakan Simon, Pemerintah Kabupaten melalui Nakertrans TTU mengalokasikan anggaran setiap tahun untuk melakukan sosialisasi di setiap desa yang masuk dalam zona rawan PMI Non-prosedural.

Kecamatan yang terkategori zona rawan yakni Kecamatan Biboki Anleu, Insana Barat dan Miomaffo Barat.

Selain itu, Pemda TTU juga bekerja sama gugus tugas pencegahan melalui dan pihak penegak hukum untuk melakukan pengawasan penuh terhadap pintu laut maupun darat. (*)

Kepala Dinas Sosial Kabupaten TTU, Simon Soge.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten TTU, Simon Soge. (POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved