Berita Sikka Hari Ini

Uskup Maumere Pimpin Misa Syukur Satu Abad Lahirnya Paroki Roh Kudus Nele

uskup meminta supaya gereja Paroki Nele tidak boleh menjadi gereja yang putus asa, tidak kritis dan jauh dari kata humanis.

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/NOFRI FUKA
Uskup Keuskupan Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu memimpin misa di Paroki Roh Kudus Nele, Desa Nele Lorang, Kecamatan Nele, Kabupaten Sikka, Minggu 5 Juni 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Nofri Fukap

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Uskup Keuskupan Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu Pr, memimpin misa dalam memperingati satu abad lahirnya Paroki Roh Kudus Nele di Wilayah administrasi Kabupaten Sikka. 

Perayaan misa akbar tersebut dilaksanakan di Gereja Paroki Roh Kudus Nele, Desa Nele Lorang, Kecamatan Nele, Kabupaten Sikka, Minggu 5 Juni 2022.

Dihadiri oleh para imam konselebran dan beberapa pejabat daerah yakni Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo bersama istrinya, Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga bersama istrinya, Kapolres Sikka, AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, Jimmy Sadipun dan beberapa pejabat daerah lainnya. 

Baca juga: Pemkot Kupang Proses Surat Keputusan Penempatan Korban Seroja di Rumah Bantuan

Uskup Ewald dalam perayaan misa tersebut menyampaikan dua pesan penting untuk segenap  umat Paroki Roh Kudus Nele :

Pertama uskup meminta supaya gereja Paroki Nele tidak boleh menjadi gereja yang putus asa, tidak kritis dan jauh dari kata humanis.

Kedua, Uskup Ewald menekankan partisipasi umat secara aktif dalam kehidupan sosial menggeraja. 

"Marilah kita menjadi gereja yang dihidup, bergerak dari akar, gereja tidak boleh putus asa, tidak kritis dan jauh dari kehidupan humanis, gereja ditandai oleh kualitas partisipasi untuk proses bertolak ke tempat yang salam. Yang kedua, kita terpanggil untuk merawat kehidupan. Gereja terpanggi kedalam dunia dengan badai tantangan seperti kemiskinan, ketidakadilan atapun mungkin masalah stunting, masalah-masalah sosial lain, gereja harus menjadi komunitas perjuangan untuk memelihara rahmat kehidupan dalam diri pribadi, komunitas dan masyarakat dunia itu sendiri," ujarnya. 

Selain itu, Uskup Ewald mengucapkan proficiat kepada seluruh umat Paroki Roh Kudus Nele yang pada hari ini merayakan pesta  emas paroki ini. 

Baca juga: AKBP Aldinan RJH. Manurung Resmi Jabat Waka Polresta Kupang Kota

Uskup Ewald juga tak lupa pula mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Sikka, mewakili gereja atas perjalanan bersama pemerintah dan gereja dalam melayani masyarakat. 

"Saya memiliki keyakinan, ketika gereja dan pemerintah berjalan bersama-sama, kita akan mampu mencapai yang namanya kesejahteraan bersama," tutupnya. 

Usai misa Uskup Ewald didampingi Bupati Sikka, Roby Idong melepaskan balon peringatan 1 abad lahirnya Paroki Roh Kudus Nele dengan tema perayaan hari ini, tetap tegar ditengah badai.

Baca juga: Tiga Tersangka Baru Kasus PDAM Akan Ditahan 20 Hari Kedepan

Sementara itu, Pastor Paroki Roh Kudus Nele, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua komponen yang turut hadir menyukseskan perayaan 1 abad Paroki Nele.

"Saya mengucapkan terimakasih untuk masyarakat, bapa uskup dan para imam, panitia, pemerintah daerah Kabupaten Sikka yang terlibat secara aktif dalam menyukseskan kegiatan ini," ungkapnya.

Akhirnya, ia juga mengharapkan semoga perayaan ini membawa berkah terutama perjalanan Paroki Roh Kudus Nele kedepannya.(*)

Berita Sikka Hari Ini 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved