Berita Atambua Hari Ini

Keripik Pisang Madu Ory Laris Manis di Pasaran

Keripik pisang Ory hasil olahan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Atambua, Kabupaten Belum laris manis

Editor: Ferry Ndoen
istimewa
Keripik pisang Ory dijual di Alfamart Atambua, Kamis 2 Juni 2022. 

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Teni Jenahas

POS KUPANG. COM, ATAMBUA - Keripik pisang Ory hasil olahan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Atambua, Kabupaten Belum laris manis di pasaran.

Produk ini dibuat Yunani atau yang akrab disapa Yuni (42). Sejak dibukanya Alfamart di Atambua, Kabupaten Belu, keripik pisang madunya laris manis. Dalam sehari, Yuni mengirim produknya 2-3 kali ke Alfamart. 

"Dari 9 item keripik yang saya jual, 5 diantaranya sudah bisa dibeli di Alfamart. Keripik pisang madu yang paling laku," ujar wanita yang memiliki merk dagang ORY untuk aneka keripiknya, kepada wartawan, Kamis 2 Juni 2022.

Yuni mulai menekuni usaha keripik sejak awal pandemi Covid-19. Saat ini, ada 5 item keripik ORY yang dijual di Alfamart Atambua yaitu keripik pisang ori, keripik pisang madu, keripik singkong ori, kembang goyang dan keripik bayam.

Katanya, ide usaha keripik pisang ini berawal dari suami yang sering membawa pisang kepok mentah setelah pulang kerja. Yuni mengolah pisang itu dalam bentuk keripik

"Ide usaha keripik pisang berawal dari suami saya, di tahun 2019 setiap pulang kerja selalu bawa pisang kepok mentah sampai 4 tandan. Saya mikir, enaknya buat apa ya pisang sebanyak itu," jelas wanita yang mengawali usahanya dengan membuka warung makan tradisional ini.

Baca juga: Rusia Kehilangan 207 pesawat, 174 helikopter, 1.330 tank, 628 artileri, 3.000 Kendaraan Lapis Baja

Lanjutnya, kebetulan saat itu pandemi Covid-19, usaha warungnya sepi pembeli. Akhirnya, ia pulang kampung ke Blitar. Di sana, ada saudaranya yang sudah menjalankan usaha keripik. Dari situ, ibu dua anak ini belajar dan mendapatkan tambahan ilmu lalu ia terapkan di Atambua. 

"Saya ambil ilmunya, saya terapkan di Atambua," kata Bhayangkari Polres Belu ini. 

Yuni menuturkan, sejak 2005, ia pindah ke Kupang mengikuti suami yang dinas di kepolisian dan saat ini sang suami dinas di Polres Belu.

Katanya, ia mengalami pasang surut dalam mengembangkan usaha. Ia pernah membuka usaha warung, merambah ke catering dan terima pesanan nasi kotak. Kini Yuni membuat keripik pisang berbagai jenis. 

Meski dalam berusaha selalu ada tantangan namun ia tetap semangat dan serius menekuni usaha. 

"Segala sesuatu yang ditekuni, kelak akan memberikan hasil. "Yang penting harus serius, hasilnya nanti akan terlihat", tandasnya. (jen). 


Keripik pisang Ory dijual di Alfamart Atambua, Kamis 2 Juni 2022.
Keripik pisang Ory dijual di Alfamart Atambua, Kamis 2 Juni 2022. (istimewa)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved