Berita Pendidikan Hari Ini

MCR 2022, Matematika Jadi Instrumen Berpikir dalam Kehidupan

Bidang studi matematika tidak saja sebagai mata pelajaran yang menakutkan dan juga dengan stigma kurang positif, melaink

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Para peserta Mathematics Competition Revolution (MCR) 2022 yang masuk 16 besar pose bersama dengan guru pendamping dan panitia saat acara penutupan di Hotel SMKN 3 Kupang, Senin 30 Mei 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - "Bidang studi matematika tidak saja sebagai mata pelajaran yang menakutkan dan juga dengan stigma kurang positif, melainkan bisa dijadikan instrumen berpikir,".

Hal ini disampaikan Koordinator Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika, FKIP Undana, Dr. Damianus D. Samo, M.Pd yang diwakili oleh Patrisius  Afrisno UdiL S.Pd., M.Pd pada acara penutupan Mathematics Competition Revolution (MCR) 2022 di Hotel SMKN 3 Kupang, Senin 30 Mei 2022.

Menurut Patrisius, adanya kegiatan itu, diharapkan pendidikan matematika menjadi familiar bagi semua terutama bagi adik-adik siswa SMP dan  MTs.

"Kita harapkan Pendidikan Matematika ini tidak saja sekedar mata pelajaran atau bidang studi dengan stigma yang tidak terlalu positif, tetapi Matematika akan menjadi instrumen berpikir yang dapat digunakan atau dimaknai dalam kehidupan sehari-hari kita," kata Patrisius.

Patrisius menyampaikan proficiat kepada semua peserta kegiatan yang sudah berpartisipasi pada MCR 2022, baik siswa dan juga guru pendamping.

"Terutama bagi adik-adik siswa yang berpartisipasi dan menjuarai kegiatan ini. Proficiat bagi adik-adik yang berhasil pada kompetisi ini," kata Patrisius.

Dia juga mengapresiasi kepada semua panitia kegiatan, panitia pengarah yang sudah menggelar acara ini hingga berakhir dengan baik dan berhasil.

"Mewakili Prodi  saya sampaikan selamat dan apresiasi kepada semua panitia yang sudah bekerja sehingga kegiatan ini lancar dan berakhir sukses.

Saya juga apresiasi  HMP Matematika, dewan juri, baik dari kalangan guru, alumni, dan dosen," katanya.
Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Matematika, Adit Nabuasa mengatakan, dengan kegiatan itu diharapkan para siswa di tingkat SMP/Mts lebih tertarik untuk belajar matematika. 

Menurut Nabuasa, kedepan kegiatan itu bisa melibatkan peserta dalam skop lebih besar.

"Ini adalah kegiatan baru pertama digelar oleh Prodi Pendidikan Matematika dengan peserta hanya dari Kota Kupang. Kedepan kita bisa libatkan juga peserta dari luar Kota Kupang," kata Nabuasa.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti 68 peserta dari 24 SMP, MTs di Kota Kupang.

Untuk diketahui sekolah yang masuk 16 besar, yakni SMPK Adisucipto Penfui Kupang, SMPK St. Yoseph Naikoten, SMPN 6 Kupang, SMP Abdi Kasih Bangsa, SMP Kristen 1 Kupang, SMPN 2 Kupang, SMPN 10 Kupang, SMPK Giovanni, SMPN 12 Kupang, SMP StaTheresia Kupang, SMP Katolik Rosa Mystica dan  SMP NCIPS. (*)

Data Lima Besar Juara MCR 2022

1.Reynard Felix D'valois Goru (SMPK Adisucipto Penfui Kupang)
2. William J. Tahala Turuson (SMPK St. Yoseph Naikoten)
3. Jasmine Avrilia Manno Raga (SMPN 6 Kupang)
4. Michael R Arya Dewangga (SMPK St Yoseph Naikoten)
5. I Gede Satria Adi Pratama (SMP Abdi Kasih Bangsa)  

Data Hadiah 

Juara harapan II Rp 250.000
Juara harapan I Rp 500.000
Juara III  Rp 750.000
Juara II Rp 1.000.000
Juara I Rp 1.250.000

Para peserta Mathematics Competition Revolution (MCR) 2022 yang masuk 16 besar pose bersama dengan guru pendamping dan panitia saat acara penutupan di Hotel SMKN 3 Kupang, Senin 30 Mei 2022.
Para peserta Mathematics Competition Revolution (MCR) 2022 yang masuk 16 besar pose bersama dengan guru pendamping dan panitia saat acara penutupan di Hotel SMKN 3 Kupang, Senin 30 Mei 2022. (POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved