Hipersonik

Barat Sudah Nyatakan Perang Total, Lakukan Uji Coba Rudal Hipersonik Baru

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, pada Jumat (27/5/2022) menuduh negara-negara Barat melancarkan perang total terhadap Rusia, rakyatnya, serta

Editor: Ferry Ndoen
via kontan.co.id
Frigate RSS Intrepid milik Angkatan Laut Singapura menembakkan rudal anti-kapal Harpoon di perairan Guam selama latihan Pacific Griffin 2019. AS berencana memasok rudal anti-kapal canggih ke Ukraina. 

POS-KUPANG.COM - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, pada Jumat (27/5/2022) menuduh negara-negara Barat melancarkan perang total terhadap Rusia, rakyatnya, serta budayanya.

"Barat telah menyatakan perang terhadap kami, secara keseluruhan, dunia Rusia.

Budaya mengucilkan Rusia dan segala sesuatu yang berhubungan dengan negara kami sudah mencapai titik absurditas," kata Lavrov pada pertemuan kementerian dikutip dari AFP.

Dia menuduh Barat sampai melarang penulis, komposer, dan tokoh budaya Rusia lainnya.

"Bisa dikatakan bahwa situasi ini akan kami rasakan untuk waktu yang lama," tambahnya.

Menurut Lavrov, Washington dan satelitnya terus menggandakan upaya menahan Rusia.

Lavrov juga mengatakan, Barat telah menggunakan berbagai alat, dari sanksi ekonomi sepihak hingga propaganda palsu di ruang media global.

"Di banyak negara Barat, Russophobia sehari-hari telah menjadi sifat yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan yang sangat kami sesalkan, didorong oleh kalangan pemerintah di sejumlah negara," ujar Lavrov.

Baca juga: Dampak Perang Rusia, Warga Sipil Pokrovsk Bertahan Sebelum Bisa Melarikan Diri

Negara-negara Barat menjatuhkan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada Rusia setelah Presiden Vladimir Putin mengerahkan pasukan ke Ukraina pada 24 Februari.

Sementara itu, pasukan Rusia pada Sabtu (28/5/2022), mengumumkan uji coba terbaru rudal jelajah hipersonik Zircon atau Tsirkon saat mereka tengah meningkatkan serangan ke Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kepada wartawan, fregat ‘Admiral Gorshkov’ telah menembakkan rudal jelajah hipersonik Zircon dari Laut Barents ke sasaran laut di Laut Putih.

"Hari ini, fregat utama Proyek 22350 Admiral Gorshkov menembakkan rudal jelajah hipersonik Tsirkon ke posisi target laut di Laut Putih dari Laut Barents," kata Kementerian itu, dilansir dari Kantor Berita Rusia, TASS.

Penembakan rudal Zircon itu adalah bagian dari uji coba senjata jenis baru.

“Menurut data kontrol objektif, rudal jelajah hipersonik Zircon berhasil mencapai target laut yang terletak pada jarak sekitar 1.000 km,” tambah Kementerian Pertahanan Rusia, sambil mencatat peluncuran kali ini memenuhi parameter yang ditentukan.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved