Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Senin 23 Mei 2022: Roh Kebenaran yang Datang dari Bapa Akan Bersaksi

Aktivitas Paulus dan Barnabas sungguh tak mengenal lelah. Mereka tak hanya berhenti sampai di Makedonia, tapi masih berlayar hingga ke Samotrake.

Editor: Agustinus Sape
Dok Pribadi
RD Ambros Ladjar 

Renungan Harian Katolik Senin 23 Mei 2022: Roh Kebenaran yang Datang dari Bapa Akan Bersaksi tentang Aku (Kis. 16: 22 - 34; Yoh 15: 26 - 16:4a)

Oleh: RD. Ambros Ladjar

POS-KUPANG.COM - Sudah seringkali kita dengar kata Hoki. Banyak orang juga menamakan tempat usaha mereka Hoki. Sebenarnya adalah sebuah kata gaul yang digunakan orang Indonesia.

Kata ini adalah serapan bahasa Hokkien dari bagian selatan Tiongkok. Mereka inilah yang banyak menyebar di kepulauan nusantara ini. Hoki berarti keberuntungan atau nasib baik.

Aktivitas Paulus dan Barnabas sungguh tak mengenal lelah. Mereka tak hanya berhenti sampai di Makedonia, tapi masih terus berlayar hingga ke Samotrake.

Dari Neapolis mereka ke Filipi yang menjadi kota perantauan bagi orang Romawi.

Pada saat berkeliling, mereka bertemu dengan Lidya. Dia dikenal sebagai penjual kain ungu dari Tiatira, sebuah kota di Asia kecil.

Dia seorang perempuan yang beragama turunan orang Yahudi dan terkenal baik serta sangat peduli terhadap usaha Paulus mewartakan Injil.

Mereka dua sangat beruntung, maka setelah ia menerima baptisan, Paulus dan Barnabas menginap di rumahnya.

Perhatian dan kasih sayang sungguh dialami sebagai ciri khas hidup pengikut Kristus.

Yesus mengingatkan para murid dalam suasana nyaman dan damai sebelum Ia pergi kepada Bapa-Nya.

Mereka akan menghadapi penolakan dan penganiayaan. Karena Yesus sudah mengalami getirnya derita, maka Ia mau menyadarkan kembali para murid akan arti Salib itu.

Pengalaman yang tak enak tapi mau tak mau harus mereka hadapi. Yesus ingin mengimbangi rasa takut mereka dengan menjanjikan Roh Kudus yang senantiasa akan menguatkan mereka.

Pengalaman para murid Yesus dalam kesaksian, bisa jadi jauh lebih sulit ketimbang kita saat ini. Bisa saja orang jenuh membaca inspirasi firman, tapi ada sebagian orang merasa diteguhkan dalam situasi sulit.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved