Unwira Kupang

Unwira Gandeng BCA Gelar Sharing Literasi dan Inklusi Keuangan Bagi Mahasiswa

masyarakat Indonesia termasuk NTT selalu diberi informasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang daftar nama Investasi Bodong

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG/HO-REGINA KELEN
Rektor Unwira P. Dr. Philipus Tule, SVD, bersama para mahasiswa saat mengikuti Sharing Literasi dan Inklusi Keuangan yang diselenggarakan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) KCU Cabang Kupang. Acara berlangsung di ruang Auditorium Kampus Unwira Kupang, Jumat 13 Mei 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menggandeng PT Bank Central Asia Tbk (BCA) KCU Cabang Kupang menggelar sharing literasi dan inklusi keuangan bagi mahasiswa dan dosen Unwira Kupang.

Acara ini berlangsung di berlangsung di ruang Auditorium Kampus Unwira, Jalan San Juan, Penfui Timur, Kupang, Jumat 13 Mei 2022.

Dalam rilis yang diterima POS-KUPANG.COM, Rektor Unwira P. Dr. Philipus Tule, SVD menyampaikan terima kasih kepada PT BCA Tbk (c.q. Kepala KCU BCA Kupang) yang telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini di Unwira.

Menurutnya, Unwira sebagai satu Perguruan Tinggi Swasta dengan warga sekitar 7.500 orang (dosen, pegawai dan mahasiswa) juga merupakan bagian dari masyarakat Indonesia.

Baca juga: SDN Naet Tahun Ini Masuk Dalam Rencana Pembangunan Oleh Kementrian PUPR

"Dengan warga masyarakat sejumlah ini yang sedang aktif mengajar dan belajar aneka Ilmu pengetahuan di berbagai prodi (termasuk FEB), mereka perlu juga diberikaan berbagai hal praktis, khususnya tentang literasi dan inklusi keuangan. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dan mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan nasional, " ungkap Pater Philipus Tule.

Digelarnya kegiatan ini, lanjut dia, demi meningkatkan literasi dan inklusi keuangan mahasiswa dan masyarakat Unwira. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) pada tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan mencapai 38,03 % dan indeks inklusi keuangan mencapai 76,19 % .

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia secara umum belum memahami dengan baik karakteristik berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan formal.

Baca juga: SMAN 5 Kupang Segera Miliki 21 Unit Ruangan Baru

"Maka tidak heran bahwa hingga saat ini, masih banyak warga masyarakat kita yang terperangkap dalam berbagai usaha dan jasa keuangan atau investasi bodong. Di NTT ini masih banyak ditemukan berbagai Investasi Bodong sebagai penipuan berkedok investasi atau penanaman modal, " jelas dia.

Ia menambahkan, masyarakat Indonesia termasuk NTT selalu diberi informasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang daftar nama Investasi Bodong.

Misalnya, pada tanggal 2 Februari 2022, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementrian Perdagangan telah memblokir 1.222 Investasi bodong di Indonesia.

Karena itu, literasi keuangan merupakan keterampilan yang penting dalam rangka pemberdayaan masyarakat, perlindungan konsumen dari berbagai Investasi bodong dengan asas legal dan logis demi peningkatan inklusi keuangan agar kesejahteraan individu dan masyarakat umumnya dapat tercapai.

Baca juga: Bupati Ende Ingin Presiden Jokowi Bermalam di Danau Kelimutu

Untuk mendukung dan mewujudkan strategi Nasional peningkatan indeks literasi dan indeks inklusi keuangan, beberapa pilar program strategis terus dicanangkan dan digerakkan agar masyarakat Indonesia umumnya dalam beberapa tahun ke depan.

"Diantaranya cakap tentang keuangan, memiliki sikap dan perilaku keuangan yang bijak, serta memiliki akses keuangan yang terpercaya dan memuaskan. Dan semua program itu, ditargetkan oleh pemerintah dalam kerjasama dengan berbagai instansi atau lembaga seperti perbankan, lembaga pendidikan tinggi, industri jasa keuangan, dan seluruh stakeholders terkait, " ujarnya.(*)

Berita Unwira Kupang Hari Ini

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved