Unwira Kupang

Bentuk Penghargaan, Nama Pater Amans Laka,SVD Diabadikan Nama Jalan di Argentina

Semua kisah dan perjuangan dari Pater Amans saat ini telah dituangkan dalam buku berjudul "Jalan Sambil Berjalan"

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/BERTO KALU
POSE BERSAMA - Peserta bedah buku pose bersama usai acara bedah buku berjudul 'Jalan Sambil Berjalan' karya penulis Robert Bala di Auditorium Kampus Unwira Kupang, Sabtu 7 Mei 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Sebagai bentuk penghargaan atas jasa yang dilakukan Pater Amans Laka,SVD selama berkarir sebagai misionaris di Puerto Esperanza Misiones - Argentina, pemerintah setempat memberi penghargaan dengan mengabadikan namanya sebagai nama jalan disana.

Jalan tersebut diberi nama AVENIDA (Jalan Raya) sepanjang empat kilometer. Penghargaan itu ia terima berkat jasa yang diberikan selama berkarir sebagai misionaris disana, salah satunya adalah berhasil membangun dua sekolah pertanian dalam kurun waktu lima bulan.

Semua kisah dan perjuangan dari Pater Amans saat ini telah dituangkan dalam buku berjudul "Jalan Sambil Berjalan" yang merupakan karya dari Robert Bala, salah satu penulis populer di NTT.

Baca juga: Ira Ua Masih Mempertanyakan Penetapan Dirinya Sebagai Tersangka: Kok Bisa Ya

Buku ini pun telah dibedah oleh tim pembedah buku yakni, Rektor Unwira Kupang, Pater Philipus Tule, SVD, Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi dan Frans Skera selaku tokoh awam Katolik pada Sabtu 7 Mei 2022, berlangsung di Auditorium Kampus Unwira Kupang.

Ketua panitia acara bedah buku, Isidorus Lilijawa, menyampaikan sangat berbangga atas prestasi yang diraih oleh Pater Amans Laka.

"Luar biasa seorang Pater Amans Laka bisa melakukan banyak hal yang akhirnya orang mengapresiasi dengan memberi namanya sebagai nama jalan, ini merupakan pengakuan pemerintah dan masyarakat Argentina kepada beliau atas jasanya, " ujar dia.

Baca juga: Dokter Spesialis Anak, Frans Taolin Sebut Gejala Awal Adanya Hepatitis Akut

Isidorus menambahkan, hasil dari penjualan buku ini nantinya akan dikumpulan untuk donasikan ke Kuba (Negara di kepulauan Karibia) benua Amerika Utara untuk membantu kaum miskin disana.

"Tujuan dari penjualan buku ini untuk mengumpulkan dana untuk dikirim ke Kuba, karena Pater Amans sekarang sudah berkarya di Kuba dan sehari-hari ia selalu membantu banyak kaum miskin disana dengan memberikan makanan, dan itu memerlukan dana," ungkapnya.

Ia menjelaskan, isi dari buku tersebut telah menceritakan apa yang dilakukan Pater Amans selama 16 tahun berkarir menjadi misionaris di Argentina. Ada banyak sekali hal positif dan inspiratif yang dapat dipetik setelah membaca buku tersebut.

Baca juga: Arus Balik Mudik di Pelabuhan Bolok Kupang Naik Hingga 22 Persen

Dari buku itu juga, lanjut dia, para pembaca akan mengerti bagaimana para misionaris SVD bekerja selama mengabadi di luar negeri.

"Ini kan juga menjadi kebanggaan kita bahwa ada seorang putra Timor dari Kabupaten TTU yang namanya diabadikan menjadi nama jalan di Argentina. Dua orang Indonesia yang masih hidup dan namanya diabadikan menjadi nama jalan di luar negeri itu hanya Presiden Jokowi dan Pater Amans Laka, " tutupnya.(*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved