Berita Kota Kupang Hari Ini

Rudi Rohi : Pemerintah Siap Rumah Layak Huni

Ada sekitar 530 unit rumah yang  dibangun dan juga ada  sertifikat hak milik yang akan diserahkan kepada setiap kepala keluarga

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG/EDY HAYONG
Rudi Rohi 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang dan pemerintah pusat sudah menyiapkan lahan dan rumah layak huni bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai.

Upaya ini dilakukan agar warga yang tinggal di bantaran sungai dapat direlokasi ke pemukiman baru.

Hal ini disampaikan Akademisi FISIP Undana, Dr. Rudi Rohi, Rabu 4 Mei 2022.

Menurut Rudi, untuk merelokasi warga yang tinggal di daerah bantaran sungai, maka pemerintah menyiapkan rumah yang layak huni sebagai tempat relokasi.

"Kita tahu bahwa Pemkot Kupang dan pemerintah pusat sudah membangun rumah bagi warga yang tinggal di bantaran sungai. Warga itu adalah korban atau terdampak bencana alam Badai Siklon Tropis Seroja," kata Rudi.

Baca juga: Korea Selatan Siaga, Semanajung Korea Memanas Saat Korea Utara Luncurkan Lagi Rudal Balistik

Dijelaskan, Pemkot Kupang sudah menyediakan lahan di Kelurahan Manulai II, Kecamatan Alak, Kota Kupang. Di lahan tersebut Pemerintah pusat sudah pula membangun ratusan rumah, yang dikenal sebutan Rumah Instan Sederhana Sehat.

Pemerintah juga telah menyediakan semua kebutuhan pembangunan rumah dan fasilitas lainnya, seperti listrik dan air bersih.

"Ada sekitar 530 unit rumah yang  dibangun dan juga ada  sertifikat hak milik yang akan diserahkan kepada setiap kepala keluarga," ujarnya.

Baca juga: Rayakan Lebaran di Rutan Bareskrim, Rizieq Shihab Bagi-bagi Baju Koko

Rudi mengatakan, saat ini yang perlu dilihat atau dipantau oleh media, yakni sejauh mana proses tersebut telah berjalan dan kapan sekiranya warga dapat menempati rumah di tempat relokasi mereka.

Dikatakan, pemerintah juga tentu perlu melakukan sosialisasi kepada warga terkait dampak apabila berdomisili di bantaran sungai.(*)

Berita Kota Kupang Hari Ini
 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved