Berita Kupang Hari Ini

Lulusan SMA Diminta Persiapkan Diri Masuk Dunia Kuliah dan Kerja

Menurut dia saat  ini dunia sudah masuk dalam era teknologi dengan ditandai revolusi industri 4.0.

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/RYAN TAPEHEN
Ketua PGRI Amarasi Selatan Kabupaten Kupang, Heronimus Bani 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI - Hari ini sekolah SMA mengumumkan kelulusan siswa mereka yang sudah mengikuti ujian akhir di masing-masing website sekolah.

Ketua PGRI Amarasi Selatan Heronimus Bani, Kamis 5 Mei 2022 saat dimintai tanggapannya mengatakan siswa lulusan SMA dari kota-kota kecamatan yang akan ke perguruan tinggi, mereka harus mempersiapkan diri pada ketrampilan informasi dan teknologi (IT).

Menurut dia saat  ini dunia sudah masuk dalam era teknologi dengan ditandai revolusi industri 4.0.

Baca juga: Walau Pandemi Covid-19 Mendera, Tingkat Hunian di Aston Hotel Kupang Melonjak

"Literasi digital sudah sangat trendy saat ini. Persaingan di universitas negeri mana pun pada mereka harus siapkan diri secara psikologis untuk menghadapi ujian secara online," ujarnya.

Karena itu dia meminta agar persiapan secara matang untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi harus terus dilakukan sehingga bisa meraih hasil maksimal.

Sementara bagi siswa yang tidak ingin melanjutkan pendidikan dan ingin langsung terjun ke dunia kerja menurut dia perlu ketrampilan dan kerja keras.

Baca juga: Guru Besar Undana Ini Bicara Blak-Blakan Soal Penyaringan Lulusan SMA masuk PT

"itu dunia kerja bukan saja literasi digital, tetapi keterampilan plus harus ditunjukkan oleh para lulusan," sambung kepala sekolah SD Inpres Buraen 1 ini.

Umumnya kata Hero lulusan SMA berpengetahuan belaka dan minim praktik, belum dipastikan ketrampilan apa yang dimiliki para lulusan.

Bila ada program ketrampilan di SMA maka ketrampilan apa yang diprogramkan itu harus selaras dengan kebutuhan dunia kerja sebab para lulusan SMA tidak otomatis akan diterima di dunia kerja.

Baca juga: Pemprov NTT Diminta Proses 22 Desa Persiapan di Kabupaten Manggarai

"Siapkan diri menjadi pekerja unggul atau jadilah kreator yang menciptakan lapangan kerja yang menyerap tenaga kerja walau dalam jumlah terbatas pada mulanya," pesannya. (cr9)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved