Berita Kupang Hari Ini

Kukuhkan Polres Kota Kupang Kota, Ini Pesan Kapolda NTT

Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto mengukuhkan Polres Kota Kupang Kota yang kini bertipe C dari sebelumnya Polres Kupang Kota bertipe D. Pengukuhan

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/ CHRISTIN MALEHERE
Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto mengukuhkan Status Tipe C Polres Kota Kupang Kota. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto mengukuhkan Polres Kota Kupang Kota yang kini bertipe C dari sebelumnya Polres Kupang Kota bertipe D.
Pengukuhan tersebut ditandai dengan SK Kenaikan tipe yang diserahkan kepada Pejabat Kapolres Kota Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto,S.H.,S.IK.MH. disela-sela kegiatan sertijab sekaligus pengukuhan Polres Kota Kupang Kota di Aula Lantai III Polda NTT, Kamis 28 April 2022.

Kepada POS-KUPANG.COM, Kamis 28 April 2022, Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto mengatakan bahwa Kenaikan Tipe secara organisasi pejabat Polres Kota Kupang Kota berpangkat Komisaris Besar Polisi.

"Kapolri mempercayakan Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto menjadi Kapolres Kota Kupang Kota, maka lebih maksimal dalam bekerja sesuai tupoksi," ujar Kapolda Setyo.
Pihaknya meminta agar Kapolres Kota Kupang Kota harus bekerja untuk mengubah mainset (pola pikir) anggota, dan menyesuaikan lingkungan serta tantangan ke depan.
Selain itu harus peningkatan kinerja dan kualitas sumber daya manusia agar mengedepankan etos kerja profesional dan beri berintegritas.

"Secara struktur organisasi banyak berubah kepangkatan mulai dari jabatan kapolres, waka Polres, Kabag, Kasat, Kanit, dan lainnya serta tuntutan peningkatan kinerja dan mengutamakan kerja cerdas, disiplin dan terampil karena tantangan tugas ke depan akan semakin berat," ungkap Kapolda Setyo.

Pihaknya menilai tantangan di wilayah Kota Kupang memiliki jumlah polsek lebih sedikit dari jumlah kecamatan, sehingga ada satu polsek yang memiliki wilayah hukum meliputi dua kecamatan yang komplek dengan berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan.

"Saat ini di Kota Kupang tersedia empat Polsek, sedangkan jumlah kecamatan ada enam, sehingga polsek Kelapa Lima dan Polsek Oebobo memiliki wilayah hukum meliputi dua kecamatan yang memiliki catatan penanganan perkara cukup tinggi," ujar Kapolda Setyo.

Pihaknya berharap pimpinan Polres Kota Kupang Kota yang baru dapat melakukan terobosan dengan mengoptimalkan bangunan lama menjadi Pos Polisi (Pol Sub Sektor) dan menempatkan personel.

Dalam perjalanannya, Pol Subsektor akan diusulkan ke Mabes Polri untuk peningkatan status secara berjenjang diikuti dengan penambahan sarana dan prasarana pendukung.
Demi mendukung tugas kepolisian, pihaknya berharap dukungan penuh dari pemerintah daerah dalam hal ini Wali Kota dan jajaran untuk dapat membantu melengkapi kebutuhan dari kantor kepolisian agar maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami berharap Polsek hadir di semua kecamatan agar pimpinan kecamatan mempunyai patner kerja Kapolsek agar menjalankan program kegiatan bersama dan saling mendukung dan melengkapi dalam memberikan pelayanan hukum dan sosial kepada masyarakat,"  pungkasnya. 

Selain itu, Tipe Polres Kupang Kota yang merupakan kebutuhan organisasi berdasarkan surat Menteri Pan RB Nomor B/42/M.Kt.01/2022 Tanggal 11 Januari 2022 Perihal Persetujuan Pembentukan 8 Polres san Pengukuhan Tipe 5 Polres Seluruh Polda.

Berkaitan Dengan Itu Kapolri Telah Menerbitkan Keputusan Kapolri Nomor Kep / 116 / I / 2022 Tanggal 24 Januari 2022 tentang peningkatan tipe Kapolres Kupang Kota menjadi Kapolresta Kupang sementara terkait pemenuhan personel dan sarana prasarana dilakukan secara bertahap menurut skala prioritas. 

Hadir dalam acara sertijab antara lain Irwasda Polda NTT, Kombes Pol Zulkifli, Pejabat Utama, serta para kapolres dan pengurus Bhayangkari. (CR14)

polres kupang kotaKapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto me
Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto mengukuhkan Status Tipe C Polres Kota Kupang Kota.
Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto mengukuhkan Status Tipe C Polres Kota Kupang Kota.
Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto mengukuhkan Status Tipe C Polres Kota Kupang Kota. (POS-KUPANG.COM/ CHRISTIN MALEHERE)
Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto mengukuhkan Status Tipe C Polres Kota Kupang Kota.
Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto mengukuhkan Status Tipe C Polres Kota Kupang Kota. (POS-KUPANG.COM/ CHRISTIN MALEHERE)
Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved