Berita Kota Kupang

Kota Lama Raih Penghargaan Sebagai Kecamatan Inovatif Tingkat Kota Kupang

Penghargaan tersebut adalah berkat kerja sama dan kerja keras seluruh lurah dan stakeholder terkait di Kecamatan Kota Lama.

Penulis: Sipri Seko | Editor: Sipri Seko
POS KUPANG/HO
Camat Kota Lama, Yanto Jalil bersama staf pose dengan tropi dari Dinas LHK Kota Kupang sebagai kecamatan inovatif. 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kecamatan Kota Lama meraih penghargaan sebagai kecamatan inovatif di Kota Kupang. Penghargaan itu diberikan oleh Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Kupang.

Camat Kota Lama, Yanto Jalil mengatakan, penghargaan tersebut adalah berkat kerja sama dan kerja keras seluruh lurah dan stakeholder terkait di Kecamatan Kota Lama. Yanto mengatakan, Kecamatan Kota Lama terdiri dari 10 kelurahan.

"Masing-masing kelurahan selalu kami tekankan untuk melihat dan memperhatikan kebersihan di wilayahnya. Melihat kondisi itu, kami melakukan beberapa inovasi yang diterapkan di kelurahan yang ada di Kecamatan Kota Lama," kata Yanto.

Baca juga: Batuplat Juara I Lomba Kebersihan Tahun 2022

Menurutnya, inovasi yang dilakukan adalah melakukan kerja bakti bersama masyarakat. Dimana para staf kecamatan bersama masyarakat secara bergantian ikut kerja bakti di kelurahan setiap hari Jumat. Selain itu, memasang CCTV di beberapa TPS.

"Inovasi lainnya, yakni membentuk perempuan pemberhati lingkungan di setiap kelurahan. Bekerjasama dengan tokoh lintas agama seperti pendeta, imam, pastor, untuk menghimbaukan pada masyarakat /jemaah untuk menjaga kebersihan serta jadwal membuang sampah di TPS," jelasnya.

Baca juga: Kelurahan Liliba Juara 2 Lomba Kebersihan

"Inilah beberapa inovasi yang kami lakukan dan diterapkan di wilayah Kecamatan Kota Lama. Kami masih akan terus melakukan inovasi di bidang lain, tidak hanya untuk memenangkan lomba, tapi untuk kesejahteraan masyarakat. Terima kasih untuk penghargaan yang diberikan kepada kami dari DLHK," kata Yanto.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang, Orson G. Nawa, SH yang ditemui saat upacara peringatan HUT Kota Kupang mengapresiasi kelurahan dan kecamatan yang meraih penghargaan. Dia berharap, inovasi-inovasi yang dilakukan akan membuat Kota Kupang lebih bersih dan indah.

"Hal yang dinilai juga berupa keterlibatan komponen masyarakat setempat serta inovasi-inovasi yang dihadirkan oleh pemerintah dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Semoga ke depan, ada inovasi lain yang dikembangkan oleh para camat maupun lurah di Kota Kupang," kata Orson. **

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved