Ramadan 2022

Kadishub NTT Isyak Nuka Pastikan Mudik Idul Fitri 2022 Berjalan Lancar

armada angkutan dari udara, laut dan darat telah dipastikan dalam jumlah yang cukup melayani pemudik

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
Penumpang pesawat yang tiba di bandara El Tari Kupang dan keluar dari area bandara melalui pintu kedatangan. Gambar diabadikan beberapa waktu lalu. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Arus mudik pada perayaan hari raya idul Fitri tahun 2022 dipastikan akan berjalan lancar. Arus mudik diprediksi mulai terjadi pada H-7 dan arus balik terjadi pada H+7. Di Nusa Tenggara Timur, kesiapan dari semua operator di udara, laut dan darat telah dipersiapkan. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) NTT, Isyak Nuka, mengatakan, Dishub mendorong pihak pelabuhan laut dan udara untuk membentuk posko pengamanan. Posko didirikan untuk menjaga suasana sekaligus mengatur kelancaran, termaksud pencegahan penyebaran covid-19 bagi sewaktu mudik. 

"Kita yang di provinsi mendorong teman-teman yang di tempat itu membentuk posko-posko pengamanan dan sejak tanggal 25 April kemarin sudah dibentuk posko dan sudah berfungsi. Di pelabuhan Tenau itu poskonya sudah tanggal 18 April kemarin," kata Isyak Nuka di Kupang, Rabu 27 April 2022.

Isyak menyebut, armada angkutan dari udara, laut dan darat telah dipastikan dalam jumlah yang cukup melayani pemudik. Dia juga menerangkan, semua alat angkut itu juga wajib dipastikan agar dalam keadaan baik dan laik beroperasi. Dishub juga memastikan, dengan adanya posko itu agar membantu mengecek para pemudik yang telah memenuhi syarat perjalanan. 

Menurut Isyak, posko akan menertibkan penerapan protokol kesehatan bagi pemudik. Prokes, kata dia, wajib dijalankan oleh semua pemudik yang melakukan perjalanan.

"Pembentukan posko itu kita memastikan keselamatan pelayaran dan penerbangan menjadi hal yang paling penting. Harus memperhatikan BMKG terkait cuaca. Itu kita harus pastikan kapal-kapal yang berlayar itu bisa taat asas. Jadi ada izin berlayar, terbang," kata Isyak. 

Isyak mengaku, dirinya melakukan pengecekan pada titik-titik arus mudik di laut dan udara. Hasil pantauan, menurutnya, belum ada lonjakan penumpang yang signifikan. Situasi penumpang dari pelabuhan Ferry dan penerbangan masih normal. Khusus di penerbangan, juga belum ada tambahan jadwal penerbangan. 

Sementara itu, Isyak menyebut, harga tiket pesawat dari pantauannya di salah satu aplikasi penjualan tiket pesawat online, memang tergolong tinggi. Namun demikian, harga tiket itu tetap dipadati penumpang dan beberapa penerbangan diketahui penuh. 

Unsur dalam posko pengamanan yakni Dishub, KKP, TNI/Polri dan pihak terkait lainnya yang memiliki kewenangan dalam penyelenggaraan pengaturan arus mudik kali ini. (fan)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved