Berita Sikka Hari Ini

Rumah Warga Asal Sikka Rusak Diterjang Longsor, Kami 2 Bulan Tingggal di Pondok Milik Orang

Rumah milik warga asal Desa Munerana, Kecamatan Hewokloang, Kabupaten Sikka, ter

Editor: Ferry Ndoen
Rumah Warga Asal Sikka Rusak Diterjang Longsor, Kami 2 Bulan Tingggal di Pondok Milik Orang
POS-KUPANG.COM/EWAL
Kondisi rumah milik Yovita Florentin, rusak berat. Di Desa Munerana, Kecamatan Hewokloang, Kabupaten Sikka, Minggu 3 April 2022.

Laporan Reporter POSKUPANG.COM, Nofri Fuka

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Rumah milik warga asal Desa Munerana, Kecamatan Hewokloang, Kabupaten Sikka, tertimbun longsor, Pada Rabu 16 Februari 2022 lalu.

Pemilik rumah, Yovita Florentin (32), mengeluhkan hingga kini sudah hampir 2 bulan kondisi rumah yang rusak,  belum ada perbaikan.

"Belum ada. Untuk turapnya sudah dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka, untuk rumah belum ada," ungkapnya.

Untuk sementara, Yovita bersama keluarga numpang tinggal di tempat milik orang lain.

"Sudah mau dua bulan, kami tinggal di pondok orang, belum tinggal di rumah yang rusak tersebut," ujar Yovita.

Baca juga: Bajul Ijo Ditinggal Pemain Terbaik Liga 1, Persebaya Surabaya Segera Umumkan Rekrutan Anyar, Siapa?

Yovita menjelaskan, untuk bantuan lain belum seperti semen, dan lain-lain belum ada. Kondisi  semenjak diterjang longsor hingga kini masih tetap sama.

Pantauan TribunFlores.com, Minggu 3 April 2022, di lokasi, tampak jalan utama  Maumere-Hewokloang tersebut, hampir putus. Tersisa sekitar 2 meter lebih yang masih utuh. Rumah Yovita juga sebagian dindingnya jebol diterjang longsor bahkan material tanah menutupi sebagian sisi rumah tembus sampai ke dalam rumah.

Meskipun demikian, turap penahan jalan utama, seperti kata Yovita, untuk saat ini dalam proses pembangunan. Tampak, bangunan tersebut sudah setinggi 1 meter bermaterialkan pasir, batu dan semen.

Ia mengharapkan, agar pemerintah dapat membantu dia membangun rumahnya.

"Harapan kami, kami minta pemerintah perhatikan, supaya rumah kami dibangun," tuturnya.
Untuk diketahui, pada 16 Februari 2022 lalu, satu rumah milik warga di Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur rusak berat akibat diterjang longsor.

Baca juga: Resmi, Bali United Juara Liga 1 2021/2022, Persebaya Surabaya Mandi Penghargaan, Persib Raup Apa?

Pemilik rumah tersebut terpaksa mengungsi di rumah tetangga terdekat. Satu rumah warga yang terletak di RT 010 RW 004 Dusun Hapeng Kabor, Desa Munerana, Kecamatan Hewokloang, Kabupaten Sikka, diterjang longsor, Rabu 16 Februari 2022 sekitar pukul 02.00 Wita

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun satu rumah yang dihuni enam orang tersebut rusak berat.
Material longsor seperti batu dan tanah masih menutupi sebagian depan rumah. Selain itu tembok bagian depan rumah pun mengalami keretakan dan dikhawatirkan akan ambruk.

Pemilik rumah, Maria Yovita Florentin, mengatakan, peristiwa tersebut terjadi Rabu siang, saat itu hujan leras mengguyur wilayah Kecamatan Hewokloang sejak Rabu pagi.

"Untuk sementara kami mengungsi di rumah tetangga, karena kondisi rumah kami tidak bisa ditempati lagi," ujar dia Jumat 18 Februari 2022.

Ia berharap ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sikka untuk memperbaiki rumah mereka yang rusak akibat diterjang tanah longsor. (Cr1)

Kondisi rumah milik Yovita Florentin, rusak berat. Di Desa Munerana, Kecamatan Hewokloang, Kabupaten Sikka, Minggu 3 April 2022.
Kondisi rumah milik Yovita Florentin, rusak berat. Di Desa Munerana, Kecamatan Hewokloang, Kabupaten Sikka, Minggu 3 April 2022. (POS-KUPANG.COM/EWAL)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved