Berita Belu Hari Ini

Ratusan Anggota Polres Belu Ikut Tes Psikologi, Ini Tujuannya

Sebanyak 102 personel Polres Belu mengikuti tes psikologi berkala yang diselenggarakan bagian pembinaan personil bersama Biro SDM Polda NTT

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Personel Polres Belu mengikuti tes psikologi yang diselenggarakan bagian pembinaan personil bersama Biro SDM Polda NTT, bertempat di SDK 1 Atambua, Sabtu 12 Maret 2022. 

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Teni Jenahas

POS KUPANG. COM, ATAMBUA - Sebanyak 102 personel Polres Belu mengikuti tes psikologi berkala yang diselenggarakan bagian pembinaan personil bersama Biro SDM Polda NTT. 

Tes psikologi ini bertujuan mengukur perilaku serta mental personil Polri khususnya yang memegang senjata Api (senpi) dinas guna mencegah penyalahgunaan senjata api oleh anggota Polri. 

Pelaksanaan tes psikologi bertempat di SDK 1 Atambua, Sabtu 12 Maret 2022. Peserta tes adalah perwira dan brigadir dengan jumlah 102 orang. Mereka dibagi dalam enam kelas dengan penguji adalah  Kompol Dwi Chrismawan, M.Si, M.Psi didampingi Kabag SDM Polres Belu, AKP Yunior T.M. Duil. 

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K kepada wartawan menjelaskan, tes psikologi merupakan syarat pertama bagi anggota Polri yang memegang senjata api. 

Baca juga: Ganda Campuran Indonesia Rinov/Pitha Bantai Pasangan Jepang ke Perempat Final German Open 2022

"Syarat pertama pemegang senpi, harus lulus psikotes baik itu Perwira maupun Brigadir. Pegang senpi ini tidak main-main dan kita tidak asal kasih rekomendasi untuk anggota yang akan pinjam pakai senpi", jelasnya. 

Lanjut Kapolres, anggota yang memegang senpi harus sehat secara jasmani maupun rohani dan tidak dalam keadaan depresi. Salah satunya dibuktikan dengan hasil psikologi. 

Dengan hasil tes psikologi secara berkala ini akan menjadi bahan pertimbangan atau sebagai tolak ukur pimpinan bilamana anggota Polri ingin mengajukan ijin pinjam pakai senjata api dinas.

Baca juga: Serdadu Tridatu Terancam Dikudeta Persib di Penghujung Liga : Playmaker Bali United Absen vs Arema

"Ini tes akan kita lakukan secara berkala sebagai anev dan bahan pertimbangan dalam memberikan ijin pinjam pakai senpi. Semua harus mengikuti prosedur, jangan sampai ada senjata beredar tanpa dokumen lulus psikotes", pungkasnya. (jen). 

Personel Polres Belu mengikuti tes psikologi yang diselenggarakan bagian pembinaan personil bersama Biro SDM Polda NTT, bertempat di SDK 1 Atambua, Sabtu 12 Maret 2022.
Personel Polres Belu mengikuti tes psikologi yang diselenggarakan bagian pembinaan personil bersama Biro SDM Polda NTT, bertempat di SDK 1 Atambua, Sabtu 12 Maret 2022. (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved