Berita Kupang Hari Ini

Karyawan CV NAM Kupang Latihan Persiapan Tarian Barongsai Naga Atoin Meto

Empat penari Barongsai Atoin Meto bersama pemain alat musik pengiring tarian barongsai melakukan latihan persiapan di Gudang CV NAM Kupang, Senin

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/ CHRISTIN MALEHERE
Para penari dan pengiring musik tampak sedang berlatih persiapan pertunjukan Barongsai di Gudang CV NAM, Osmok, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Senin 31 Januari 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Empat penari Barongsai Atoin Meto bersama pemain alat musik pengiring tarian barongsai melakukan latihan persiapan di Gudang CV NAM Kupang, Senin, 31 Januari 2022.

Pantauan POS-KUPANG.COM, empat penari barongsai memainkan dua karakter singa berwarna kuning dan putih.

Penari karakter Singa Kuning bernama Igi dan Amos, sedangkan karakter Singa Putih diperankan oleh dua penari bernama Evan dan Eston.

Musik pengiring tarian barongsai antara lain Tambur yang berbahan dasar kulit sapi, kenong, dan camp yang dimainkan oleh empat orang.

Baca juga: Mutiara Hitam Persipura Wajib Menang Kontra Sape Kerab Madura United, Ini Kata Pelatih Alfredo Vera

Para penari Barongsai dan Pemain musik semuanya berasal dari karyawan CV NAM Kupang yang telah menekuni tarian tradisional Tionghoa sejak 2011 silam.

Durasi pertunjukan Barongsai berlangsung selama 10 menit yang diawali dengan iringan musik salam pembuka yang dilanjutkan dengan menyapa para penonton.

Dalam tarian barongsai juga menampilkan beberapa gerakan kungfu dan tarian tradisional Tionghoa selama beberapa menit.

Tampak pula karakter Singa Kuning jauh lebih aktif karena menunjukkan gerakan melompat dengan kepala ke atas selama beberapa kali.

Baca juga: Jelang Imlek, Harga Sembako di Pasar Tradisional Kupang Hari Ini Fluktuatif

Sedangkan Singa Putih tampak lebih pasif dan merespon ketika Singa Putih mendekatinya.
Akhir dari semua pertunjukan berupa gerakan salam penutup berupa penghormatan kepada penonton yang menjadi tanda akhir pertunjukan Barongsai.

Terkait alunan musik yang mengiring tarian Barongsai, iramanya berbeda mulai dari ketukan musik yang cepat sampai ketukan lambat yang mengiringi setiap gerakan tarian barongsai. (CR14)

Para penari dan pengiring musik tampak sedang berlatih persiapan pertunjukan Barongsai di Gudang CV NAM, Osmok, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Senin 31 Januari 2022
Para penari dan pengiring musik tampak sedang berlatih persiapan pertunjukan Barongsai di Gudang CV NAM, Osmok, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Senin 31 Januari 2022 (POS-KUPANG.COM/ CHRISTIN MALEHERE)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved