Gempa Sabu Hari Ini

Gempa di Sabu dan Alor Nusa Tenggara Timur Tidak Berbahaya

Gempa bumi terjadi di dua lokasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin pagi ini yaitu di wilayah timur laut Sabu Raijua

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ONCY REBON
Kasi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Kupang, Sholakhudin Noor Falah, Jumat 21/08/2020 

Laporan Kontributor POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Gempa bumi terjadi di dua lokasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin pagi ini yaitu di wilayah timur laut Sabu Raijua dan di wilayah timur laut Kabupaten Alor.

Untuk gempa pertama yaitu sekitar 67 kilometer arah timur laut Kabupaten Sabu Raijua dengan 5,2 magnitude dan kedalamannya 40 kilometer dengan lokasi 10.24 Lintang Selatan (LS) dan 122.35 Bujur Timur (BT). Gempa ini berlangsung pada 03:22 WIB.

"Kedalaman gempa, 40 KM dirasakan di Maumere. Sementara di Sabu Raijua tidak dirasakan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika BMKG Stasiun Geofisika Klas I Kupang Sholakhudin Noor Falah, Senin 31 Januari 2022.

Selanjutnya pada pukul 06:45:30 WIB di hari yang sama terjadi gempa bumi berkekuatan 4.0 SR dengan lokasi 7.44 LS dan 125.55 BT di 145 kilometer timur laut Alor. Gempa ini terjadi di kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: BREAKING NEWS: Gempa Bumi 5.2 SR Guncang Timur Laut Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur

Baik gempa di Sabu Raijua dan Alor, kata dia, tidak ada gempa susulan yang terjadi. Selain itu kedua gempat ini tidak berpotensi tsunami.

Warga di Sabu Raijua, Ester Doko yang dihubungi terpisah mengaku gempa yang terjadi di Kabupaten itu tidak dirasakan olehnya.

"Sonde ada kaka, ini Katong ada baik-baik. Tidak ada gempa kaka," kata Ester dalam dialeg Kupang.

Baca juga: Inilah 5 Gempa Bumi Terparah dan 10 Tsunami Terbesar Sepanjang Sejarah, di Indonesia Juga Ada

Sementara itu, warga di Maumere Kabupaten Sikka, Ivon (29) tidak merasakan gempa yang terjadi hari ini. Dia menyebut, gempa yang terjadi pada jam tersebut, memungkinkan warga tidak juga dirinya tidak merasakan gempa tersebut. "Tidak ada, gempa jam begitu kami tidak rasa," ucapnya. (*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved