Launching TribunFlores

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo: Ada 1.000 Ton Ikan di Laut Flores dan Sawu Siap Tangkap

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo (Robi Idong): Ada 1.000 Ton Ikan di Laut Flores dan Sawu Siap Tangkap

Penulis: Aris Ninu | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM, MAUMERE-Ada seribu ton ikan di Laut Flores dan 1.000 ton ikan di Laut Flores dan Sawu yang siap tangkap.

Kekayaan laut yang dimiliki Kabupaten Sikka terungkap saat, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo memaparkan beberapa item yang menjadi potensi bisnis yang bisa mendatangkan investor dari luar pulau maupun luar negeri saat launching TribunFlores.com dan Webinar Nasional, Kamis, 27 Januari 2022 sore.

Bupati Sikka menjelaskan, jumlah ikan yang beribu ribu ton di laut ini belum ditangkap semuanya oleh nelayan. Sedangkan di wilayah Flores jumlah nelayan penangkap ikan terbesar berada di wilayah Kabupaten Sikka yang berjumlah sekitar Rp 5.000 orang.

“Ikan Tuna Sirip Biru merupakan ikan berkualitas yang sangat diminati juga banyak ditemukan di wilayah perairan Kabupaten Sikka. Jumlah perikanan siap tangkap di Pulau Flores dan Sawu sebesar 100 ribu ton," papar Bupati Sikka.

Baca juga: Bupati Sikka Paparkan Potensi Perikanan Yang Baru Tergarap 20 Persen, Siap Backup Investor

Ia mengatakan, Sikka memiliki ikan tuna berukuran besar. Armadanya sangat cukup. Bahkan perencanaan ke depan akan dibangun 100 tambak khusus pemeliharaan udang.

Sementara itu, untuk pertanian terdapat produk unggulan seperti vanili, kakao dan tanaman lainnya banyak ditemukan di Sikka.

Baca juga: Proyek Pinjaman,  Bupati Sikka : Lapor Kalau Tidak Sesuai RAB Kita Bongkar

“Untuk itu pemerintah memiliki tugas untuk meningkatkan SDM para petani di Kabupaten Sikka.Perencanaannya dan harus, merespon undang-undang perhutanan sosial yang dikeluarkan Presiden Jokowi. Dan saat ini Pemerintah Kabupaten Sikka lagi melaksanakan undang-undang tersebut dalam kebijakan yang diambil. Bupati juga tidak mempersoalkan perizinan bagi investor yang ingin berinvestasi di Kabupaten Sikka. Jika diurus 1 hari saja bisa selesai,” tegas Bupati Sikka.(*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved