Berita Nagekeo

Dinilai Serap Pajak Tinggi, Pemda Nagekeo Dapat Penghargaan dari Direktorat Jenderal Pajak

Dinilai Serap Pajak Tinggi, Pemda Nagekeo Mendapat Penghargaan dari Direktorat Jenderal Pajak

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Kepala KPP Pratama Ende, Nurdin Edwin 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, MBAY-Pemerintah Kabupaten Nagekeo mendapat penghargaan dari Direktorat Jendral Pajak karena dinila penyerapan pajak di daerah itu tinggi pada tahun 2021 lalu.

Penghargaan tersebut secara  resmi diserahkan oleh Direktorat Jendral Pajak Republik Indonesia, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral Pajak (DJP) wilayah Nusa Tenggara melalui Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ende, Nurdin Edwin di Aula Sekda Nagekeo, Rabu 26 Januari 2022.

Dalam keterangan pers kepada wartawan, Kepala KPP Pratama Ende, Nurdin Edwin menjelaskan bahwa alasan Kabupaten Nagekeo mendapatkan penghargaan karena pencapaian penyerapan pajak Kabupaten Nagekeo tahun 2021 sangat maksimal sehingga sangat mendukung penyerapan Pajak di KPP Pratama Ende.

Baca juga: Tahun 2022, Pemda Nagekeo Dapat Alokasi Sebanyak 4.009 Ton Pupuk Bersubsidi

Dijelaskannya, pada tahun 2021 lalu, penyerapan pajak di KPP Ende mencapai Rp. 234,33 atau setara dengan 97 persen dari target yang sudah ditetapkan.

"Ini bisa terselenggara karena pemerintah kabupaten Nagekeo dan KPP Pratama Ende bersinergi mengumpulkan penerima negara," ungkapnya.

Dampak dari pencapaian penerimaan pajak yang tinggi tersebut, jelas Edwin, Pemerintah Kabupaten Nagekeo mendapatkan peningkatan alokasi dana Transfer Pusat ke Daerah dan Desa (TKDD) di tahun 2022 yang mencapai Rp. 663 miliar dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

"Dari Rp. 39, 43 miliar yang kita kumpulkan dari Pemda Nagekeo, pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan memberikan dana transfer keuangan pusat dan daerah sebesar Rp. 663,7 miliar," ujarnya.

Baca juga: Grand Launching, Pemda Nagekeo Kirim 2 Ton Beras Mbay ke Ende dan 1 Ton ke Pengusaha Lokal

Atas pencapaian itu, Edwin berharap, pada tahun 2022 ini, penyerapan pajak di Kabupaten Nagekeo bisa lebih tinggi karena l berdampak pada peningkatan dana TKDD untuk kabupaten Nagekeo.

Selain itu, Edwin juga menghimbau supaya Masyarakat Nagekeo untuk melaporkan SPT Tahunan sebelum tanggal 31 Maret 2022.

"Kita sama-sama mengumpulkan penerimaan Negara di tahun 2022 ini. Dana dipa 2022 sudah di gelontorkan. Ayo kita sama-sama serap dana tersebut semaksimal mungkin. Jangan lupa ada pajak penerimaan barang dan jasa. Selain dari penerimaan pajak ada juga penyampaian SPT tahunan. Saya mengajak agar kita wajib menyampaikan SPT tahunannya sebelum 31 Maret, ASN saya harap bisa jadi contoh untuk masyarakat," pungkasnya. (*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved