Berita Kota Kupang

Rutan Kelas II B Kupang Terus Perketat Penerapan Prokes 

Pihak Rutan Kelas II B Kupang terus memperketat penerapan protokol kesehatan ( prokes) bagi semua aktivitas di dalam rutan

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Rutan Kelas II B Kupang, Mohamad Rizal Fuadi, A.Md. IP, S.H, M.Si 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Pihak Rutan Kelas II B Kupang terus memperketat penerapan protokol kesehatan ( prokes) bagi semua aktivitas di dalam rutan tersebut. Upaya ini dilakukan agar mencegah penyebaran Covid-19.

Hal ini disampaikan Kepala Rutan Kelas II B Kupang, Muhamad Rizal Fuadi, A.Md.IP,.S.H,M.Si , Senin 24 Januari 2022.

Menurut Rizal, selama masa Pandemi Covid-19, semua aktivitas di Rutan Kelas II B Kupang dilakukan pembatasan dengan pengawasan ketat. Prokes mejadi hak utama selain vaksinasi Covid-19.

"Ini kebijakan secara Nasional sehingga kebijakan terkait persidangan dan kunjungan keluarga dilakukan secara daring atau online," kata Rizal.

Baca juga: Inovasi Kepala Rutan Kelas II B Kupang: Menikmati Menu Remisi di Janji Bui Cafe

Dijelaskan, dalam pelayanan setiap hari, pihaknya menyiapkan form untuk pendaftaran secara online.

"Kita juga siapkan form pendaftaran secara online dan juga bisa melalui WhatsApp. Jadi semua warga di Rutan ini tidak berinteraksi bebas dengan orang luar, sedangkan kalau interaksi di dalam Rutan tetap dalam pengawasan, sedangkan interaksi dengan warga luar tidak sama sekali. Ini kita menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama," katanya.

Dikatakan, untuk kepentingan pendampingan atau konsultasi, maka ada tempat khusus yang disiapkan.

"Bagi penasihat hukum, kita siapkan ruang khusus dan ada pembatas. Alasannya, bahwa kita menjaga sehingga tidak terjadi penyebaran kasus Covid-19 di dalam Rutan," ujarnya.

Dikatakan, hak-hak terdakwa di rutan tetap menjadi perhatian,namun yang dibatasi adalah interaksi dengan pihak luar, karena itu, untuk pengunjung atau persidangan dilakukan secara online.

Baca juga: Begini Penjelasan Kepala Rutan Kelas IIB Ruteng Terkait Napi yang Larikan Diri

"Protokol kesehatan tetap menjadi perhatian kami di Rutan. Kita juga lakukan tindakan preventif, yakni menjaga kesehatan, olahraga sehingga warga di Rutan kita libatkan dalam setiap kegiatan rutin, terutama olahraga," katanya.

Ditanyai soal vaksinasi, Rizal mengatakan, untuk di Rutan Kelas II B Kupang, semua sudah menerima vaksin Covid-19 dosis 2, baik itu petugas maupun warga penghuni Rutan.

"Kita harapkan dalam waktu dekat, kita bisa dilayani dengan vaksin dosis 3," harap Rizal. (*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved