Breaking News:

Berita Viral

NFT Foto Selfie Ghozali Terjual Miliaran Rupiah Viral, Kenapa Orang Tertarik Membeli?

Blockchain adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi. 

Editor: Gordy Donofan
KOMPAS.COM/GALUH PUTRI RIYANTO
ILUSTRASI - Foto Selfie Ghozali yang dijual paling mahal, yaitu hingga lebih dari 66.000 ETH. 

POS-KUPANG.COM - Viral pemuda Indonesia bernama Ghozali yang menjadi miliarder dari hasil menjual foto selfie-nya di Non Fungible Token (NFT). 

Di media sosial, Ghozali dikenal dengan Ghozali Everyday ini mengunggah foto selfie-nya sebagai produk NFT di OpenSea. Tidak disangka, ternyata foto selfie tersebut mendapat banyak peminat, bahkan ada yang laku terjual hingga puluhan juta rupiah.

Dari akun OpenSea miliknya, terdapat 933 NFT yang semuanya merupakan foto selfie dirinya yang dilakukannya setiap hari selama lima tahun terakhir, dari 2017 hingga 2021.

Berdasarkan pantauan KompasTekno pada Kamis (13/1/2022) siang pukul 11.30 WIB, floor price untuk NFT Ghozali Everyday sudah melejit, yakni dijual paling murah seharga sekitar 0,3 ETH atau setara Rp 14,3 juta untuk satu foto selfie.

Baca juga: Anggota DPRD NTT Ini Kecam Penyebar Video Viral Pelajar Merokok di Kelas

Sementara foto selfie dari koleksi Ghozali Everyday paling mahal dijual sebesar 66.346 ETH (setara Rp 3,1 triliun).

Apa itu NFT atau Non Fungible Token?

NFT adalah semacam token yang tak dapat ditukarkan, yang biasanya ditemukan di blockchain. Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT menjadi semakin banyak peminatnya pada akhir tahun 2021. 

Blockchain adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi. 

Dikutip dari CNN, NFT adalah aset digital yang berbentuk karya seni maupun barang koleksi mewakili obyek dunia nyata yang bisa dipergunakan untuk membeli sesuatu secara virtual. Barang seni dan koleksi bisa berupa foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game, dan sebagainya.

Mereka dibeli dan dijual secara online, seringkali dengan cryptocurrency, dan mereka umumnya dikodekan dengan perangkat lunak dasar yang sama dengan banyak cryptos.

Baca juga: Identitas Siswi Pemeran Video Viral Terungkap, Pihak SMKN 2 dan SMAN 8 Kupang Minta Maaf

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved