Breaking News:

Berita Kupang

Kisah Alumni Universitas Brawijaya Rintis Kebun Percontohan "Kampung Daun" di Baumata Kupang

Kebun Daun juga mengelola budidaya ikan air tawar dengan pertimbangan potensi mata air yang mengalir sepanjang tahun.

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/CHRISTIN MALEHERE
Kelompok Mahasiwa Politeknik Pertanian Negeri Kupang menunjukkan hasil panen dari Kebun Percontohan "Kampung Daun" yang terletak di Desa Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Sabtu 15 Januari 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kebun Percontohan "Kampung Daun" dengan luas lahan 1,12 hektare menyediakan berbagai jenis tanaman pangan dan dan tanaman hias yang dikelola secara organik.

Kebun "Kampung Daun" sebagai wujud aplikasi keilmuan dari Alumni Universitas Brawijaya, Dr. Ir. Zainal Arifin,MP bersama kelompok mahasiswa dari Politeknik Negeri Kupang.

Kebun Kampung Daun menjadi percontohan sistem pertanian terpadu secara organik  yang terletak di Desa Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang.

Baca juga: Pedagang Oeba Datangi DPRD Kota Kupang Keluhkan Pembongkaran Lapak

Kolam budidaya ikan air tawar yang dikelola di dalam lokasi Kebun Percontohan Kampung Daun, Desa Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Sabtu 15 Januari 2022
Kolam budidaya ikan air tawar yang dikelola di dalam lokasi Kebun Percontohan Kampung Daun, Desa Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Sabtu 15 Januari 2022 (POS-KUPANG.COM/CHRISTIN MALEHERE)

Kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu 15 Januari 2022, Dr. Ir. Zaenal Arifin, MP mengatakan telah merintis kelompok Kampung Daun sejak 2004 silam dengan membuka lahan seluas 1,12 hektare untuk kepentingan penelitian bagi para mahasiswa Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura pada Politeknik Pertanian Negeri Kupang.

Seiring berjalannya waktu, kebun kampung daun menjadi tempat belajar bagi warga setempat mau belajar sistem pertanian terpadu yang modern secara organik.

Hingga akhirnya, Kampung Daun dikukuhkan sebagai sebuah kelompok tani berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa Baumata pada Tahun 2016.

Baca juga: Pelayanan di Polsek Kelapa Lima Kota Kupang Berjalan Normal, Begini Suasanannya

"Saya merintis kebun kampung daun hanya untuk kepentingan penelitian dari para mahasiswa, namun kami juga membuka kesempatan bagi warga setempat yang mau belajar sistem pertanian terpadu," ungkap Zaenal.

Selain pertanian organik, Kebun Daun juga mengelola budidaya ikan air tawar dengan pertimbangan potensi mata air yang mengalir sepanjang tahun.

"Kami memanfaatkan potensi air yang melimpah untuk melakukan budidaya perikanan darat, bahkan semua hasil kebun dan budidaya ikan air tawar telah dipanen serta pemasarannya cukup efektif," ujar Zaenal.

Baca juga: Ini Total Penerima Vaksin Dosis 1 di Wilayah Kota Kupang

Sejumlah tanaman pangan yang ada di Kebun Percontohan Kampung Daun, Desa Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang 15 Januari 2022
Sejumlah tanaman pangan yang ada di Kebun Percontohan Kampung Daun, Desa Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang 15 Januari 2022 (POS-KUPANG.COM/CHRISTIN MALEHERE)
Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved