Breaking News:

Berita Sikka

Menteri Perhubungan Disambut Dengan Huler Wair di Maumere

Kita libatkan orang kudus dan para leluhur untuk bersama-sama dengan kita dan minta berkat kepada Tuhan untuk pak Menteri

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/RICARDUS WAWO
Menteri Perhubungan Indonesia Budi Karya Sumadi dan rombongan tiba di Bandar Udara Frans Seda Maumere pukul 11.40 Wita, pada Jumat, 14 Januari 2022. Menteri Budi Karya dan rombongan diterima secara adat Sikka dengan ritual Huler Wair.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, RICKO WAWO

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Menteri Perhubungan Indonesia Budi Karya Sumadi dan rombongan tiba di Bandar Udara Frans Seda Maumere pukul 11.40 Wita, pada Jumat, 14 Januari 2022.

Menteri Budi Karya dan rombongan diterima secara adat Sikka dengan ritual Huler Wair.

Prosesi ritual adat ini dilakukan oleh Daniel Daseng Tapo yang berasal dari Kampung Tanah Ai, desa Tana Rawa, Kecamatan Waibrama, Kabupaten Sikka.

Daniel memercik air kelapa kepada Menteri Budi dan rombongan dengan merapalkan doa dalam bahasa Sikka. 

Baca juga: Begini Proses Penyulingan Moke di Kabupaten Sikka 

Ditemani Bupati Sikka Robby Idong dan jajaran Forkopimda, Menteri Budi kemudian masuk ke dalam ruang VIP Bandara Frans Seda diiringi tarian hegong dari sanggar Bliran Sina Watublapi. 

Kepada POS-KUPANG.COM, Daniel berujar Huler Wair merupakan ritual penyambutan tamu dengan sejenis tanaman yang disebut Huler dan air kelapa (wair). 

"Kita libatkan orang kudus dan para leluhur untuk bersama-sama dengan kita dan minta berkat kepada Tuhan untuk pak Menteri dan rombongan," ungkap Daniel.

Baca juga: 3 Pejabat Tinggi Pratama di Sikka Tanda Tangan Pakta Integritas, Bupati Sikka Bilang Begini

Dalam doa-doanya, dia berharap pak Menteri dan rombongan diberikan kesehatan dan kebijaksanaan supaya dapat melaksanakan tugas di Maumere dengan baik. 

Di samping itu, di hadapan Menteri Budi, Daniel juga menitipkan pesan pembangunan infrastruktur yang adil di wilayah NTT agar tidak ada lagi ketimpangan pembangunan antara Jawa dan wilayah di luar Jawa termasuk NTT.

Hal ini, kata dia, tentu selaras dengan apa yang sudah termaktub di dalam sila kelima Pancasila yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. 

Baca juga: Kiat Bupati Robby Idong Genjot PAD Sikka

"Dari kunjungan kerja ini, kita harapkan masyarakat bisa menikmati program pemerintah yang berkeadilan sehingga tidak ada lagi ketimpangan pembangunan infrastruktur antara Jawa dan NTT, tidak boleh ada kesenjangan sosial," pesannya usai seremoni penyambutan.

"Ini sangat menggembirakan. Kami syukur pak Menteri bisa datang," pungkasnya.(*)

Berita Sikka Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved